Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP

Novita Ayu Andani, Nizaruddin Nizaruddin, Muhammad Prayito

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran  Make A Match dan Problem Posing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Mranggen Demak tahun pelajaran 2018/ 2019. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sebagai sampel diambil tiga kelas yaitu kelas eksperimen pertama dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match, kelas eksperimen kedua  dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumne yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji anava dua jalan, dan uji pasca anava. Hasil penelitian menunujukkan (1) terdapat perbedaan antara model pembelajaran Make A Match, model pembelajaran Problem Posing dan model pembelajaran konvensional, (2) prestasi belajar siswa model pembelajaran Make A Match lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional, (3) prestasi belajar siswa model pembelajaran Problem Posing lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional, (4) prestasi belajar siswa model pembelajaran Make A Match lebih baik dari pada model pembelajaran Problem Posing, (5) tidak terdapat hubungan antara model pembelajaran dengan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran Problem Posing dan model Konvensional pada materi himpunan.

Keywords


Efektivitas; Make A Match; Problem Posing; Kreativitas Belajar; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ansari, Bansu I. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press.

Astra, I. M., dkk. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 8 No. 2 : 135 - 143.

Herawati, O. D. P., dkk(2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4 No. 1 : 70 - 80.

Kesumaningrum, C. N., & Syachruroji, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Ekspositori Pada Konsep Energi. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), Vol. 2 No. 2 : 181 - 191.

Mikran, M, dkk (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak. JPFT: Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, Vol. 2 No. 2 : 9 – 16.

Mukaromah, Amanatul, dkk. (2013). Peningkatan Kreativitas Belajar Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Klirong. Jurnal Radiasi, Vol. 3 No.2 : 98-102.

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), Vol 4 No. 1 : 1-14.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (cetakan ke-24). Bandung: Alfabeta.

Widyaningsih, S. Y., dkk (2012). Model MFI dan POGIL Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar. INKUIRI, Vol. 1 No. 3 : 266 – 275.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.