Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Akhmad Affany Bintang Prayoga, Lilik Ariyanto, Dina Prasetyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerimaan peserta didik melalui sistem zonasi terhadap prestasi belajar. Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini termasuk penelitian kuantiatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cepiring yang dipilih dengan cara cluster random sampling. Subyek yang dilipih dalam penelitian ini yaitu satu kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket motivasi belajar siswa, angket persepsi siswa terhadap sistem zonasi, wawancara serta dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis presentase, korelasi product moment, analisis regresi linier sederhana, dan uji T. Validitas data menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas  menggunakan rumus spearman brown. Dalam penelitian ini digunakan Microsoft excel dan software SPSS untuk membantu mengolah dan menganalisis data hasil penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan sistem zonasi di SMA Negeri 1 Cepiring berkriteria tinggi yang didapatkan dari hasil angket menggunakan perhitungan kriterium. (2) Motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Cepiring tergolong tinggi dengan perhitungan kriterium dari skor angket. (3) Adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. (4) Tidak terdapat pengaruh penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi terhadap pretasi belajar siswa melalui uji T.


Keywords


pengaruh sistem zonasi; motivasi belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Andina, E. (2017). Sistem Zonasi dan Dampak Psikososial Bagi Peserta Didik. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, IX(14), 9–12.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. 5(2), 168–181.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.

Hidayat, M. A. R. (2018). Pengaruh Sistem Zonasi Terhadap Kualitas Pendidikan di Kota Bandar Lampung.

Kambuaya, C. (2015). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisplinan dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung. Journal of Chemical Information and Modeling, 9.

KBBI, T. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33.

Kusuma, Z. L., & Subkhan. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 164–171.

Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Mubarok, M. R. (2020). Pengaruh Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA NEGERI 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Nauli Thaib, E. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 384–399.

Pangaribuan, E. N. (2018). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang SMP di Kabupaten Gresik. 1–12.

Perdana, N. S. (2019). Implementasi Ppdb Zonasi Dalam Upaya Pemerataan Akses Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 78.

Riduwan, & Akdon. (2006). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta.

Sappaile, B. I. (2007). Hubungan Kemampuan Penalaran Dalam Matematika dan Motivasi Berprestasi Tehadap Prestasi Belajar Matematika. 069, 1–20.

Sardiman. (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Rajagrafindo Persada.

Sari, A. U. W., Imron, A., & Sobri, A. Y. (2016). Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Penerimaan Peserta Didik Online. 1–11.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Tio, O., Budi, S., & Pratiwi, H. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa SMA NEGERI 1 PAKEM Ditinjau dari Jalur Masuk Tahun Ajaran 2018 / 2019.

Ula, D. M., & Lestari, I. (2020). Dampak Sistem Zonasi Bagi Sekolah Menengah Pertama. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 10. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i1.375

Uno, H. H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.

Wulandari, D., Hasyim, A., & Nurmalisa, Y. (2017). Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.