Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP

Fitra Dwi Arjanggi, Sudargo Sudargo, Kartinah Kartinah

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah dalam matematika merupakan hal penting bagi peserta didik untuk menerapkan keterampilan pemecahan masalah di situasi sosial. Model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah antara lain model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri berbasis proyek. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: perbedaan rata – rata hasil belajar matematika siswa, kefektifan hasil belajar, dan pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar siswa model pembelajaran PBL dan Inkuiri berbasis proyek. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII SMPN 2 Trangkil Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan menggunakan cluster random sampling diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 2 (model PBL dan Inkuiri berbasis proyek) dan kelas VII E sebagai kelas kontrol (model konvensional dengan metode ceramah). Hasil penelitian menunjukkan: (1)terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran PBL dan Inkuiri berbasis proyek dengan konvensional, (2)rata-rata hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran PBL dan Inkuiri berbasis proyek lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional, (3)ketuntasan belajar individu pada kelas eksperimen lebih banyak dari pada kelas kontrol, (4)ketuntasan belajar klasikal pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas control, (5)ada korelasi antara keaktifan siswa pada penggunaan model pembelajaran PBL dan Inkuiri berbasis proyek. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran dan Inkuiri berbasis proyek lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dengan metode ceramah.

Keywords


model pembelajaran problem based learning; inkuiri; pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rukiyanto. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Materi Anuitas Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD Pada Kelas XI Akutansi 1 SMK Negeri I Pelaihari Kabuoaten Tanah Laut.Volume 3 Nomor 1.

Rusman. (2010).Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosadajarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran : Landasan & Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i4.7646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.
slot gacor slot