Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Langkah IDEAL Problem Solving Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Ni'mah Nur Faidah Ad Dien, Rasiman Rasiman, Aurora Nur Aini

Abstract


Setiap siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berbeda beda. Perbedaan itu disebabkan oleh banyak faktor dan variabel salah satunya adalah gaya belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa untuk setiap gaya belajar berdasarkan langkah IDEAL Problem Solving, mengetahui klasifikasi dari gaya belajar siswa di kelas VIII SMP Islam Hidayatullah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Hidayatullah, dengan menggunakan purposive sampling terpilih tiga subjek peneltian yang terdiri dari 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditori, 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Dalam penelitian ini data yang diperoleh melalui hasil angket, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan analisis data yaitu subjek dengan gaya belajar visual dan auditori mampu memecahkan masalah dengan menggunakan lima langkah IDEAL Problem Solving dengan baik dan benar. Sedangkan pada subjek dengan gaya belajar kinestetik, dapat memecahkan masalah dengan menggunakan lima langkah IDEAL Problem Solving dengan baik, namun hasil yang diperoleh oleh subjek kurang tepat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dapat memecahkan masalah dengan menggunakan lima langkah IDEAL Problem Solving, namun siswa pada gaya belajar kinestetik belum memperoleh hasil yang tepat.

Keywords


kemampuan pemecahan masalah matematis; ideal; gaya belajar

Full Text:

PDF

References


Aljaberi, N. M. (2015). University Students Learning Styles and Their Ability to Solve Mathematical Problems. International Journal of Business and Social Science, 4(4), 153 157.

Annizar, A.M. (2015) . Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA Menggunakan Model IDEAL pada Siswa Usia 15 Tahun di SMA Nuris Jember. Jember: Universitas Jember.

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2009). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bookhart, S. M. (2010). Assess Higher Order Thingking Skill in Your Classroom. Virginia USA: Alexandria.

Depdiknas. (2006). Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

DePorter, B. & M. Hernacki. (2008). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Dewi, N. P. R., dkk. (2019). Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 109 122.

Hanalia, S. (2016) . Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran Model Eliciting Activities Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hartini, S., dkk. (2008). Psikologi Pendidikan. Surakarta: BP FKIP UMS.

Harususilo, Y.A. (2019). Skor PISA 2018 : Daftar Peringkat Kemampuan Matematika, Berapa Rapor Indonesia ? Edukasi Kompas [internet]. [diunduh 2020 Maret 02] . Tersedia pada : http://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/09425411/skor-pisa-2018-daftar-peringkat-kemampuan-matematika-berapa-rapor-indonesia .

Hidayat, W. & Ratna, S. (2018). Kemapuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 109 122.

Ilmiyana, M. (2018) . Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator (MBTI). Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Indriyani, F., Nurcahyono, N.A., Agustiani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Langkah IDEAL Problem Solving. Pythagoras, 7(2), 56 67.

Jacob. (2010) . Matematika Sebagai Pemecahan Masalah. Bandung: Setia Budi.

Jatikusumo, G. A., dkk. (2017). Analisis Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kota Madiun. Madiun: Universitas PGRI Madiun.

Mahanani, L. G. & Murtiyasa, B. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Aljabar Berbasis TIMSS pada Siswa SMP Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Surakarta:Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Maulidia, W.,dkk. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Al Ismailiyah Berdasarkan Level Taksonomi Solo. Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), ISSN 2548 2297.

Miles, et al. (2014). Quantitative Data Analysis. Clifornia: SAGE Publications Ltd.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif . Jurnal Pendidikan Penelitian Kualitatif, 13(2), 177 181.

Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2011). Educational Assessment Of Students. Xth Edition. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs.

Nizam. (2016). Ringkasan Hasil Hasil Asesmen Belajar dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Puspendik.

KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at : http://kbbi.web.id/pusat.

Orhun, N. (2013). The Effects Of Learning Styles On High School Students Achievement On A Mathematics Course. Full Length Research Paper, 8(14),1158 1165.

Ozgen, K., et al. (2011). An Examination of Multiple Intelligence Domains and Learning Styles of Pre Service Mathematics Teachers : Their Reflections on Mathematics Education. Educational Research and Review Journal, 6(2),168 181.

Peker, M. (2009). Pre Service Teachers Teaching Anxiety about Mathematics and Their Learning Style. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 5(4),335 345.

Prasetya, A.K. & Widodo, A. . (2012) . IDEAL Problem Solving untuk Mencapai Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Kelas Olimpiade. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1), 1 6.

Purnomo, E. & Mawarsari, V. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving Berbasis Project Based Learning. Jurnal JKPM, 1(1), 25 31.

Rawashdeh, I., et al. (2010). Learning Style of Ninth Grade Students in Irbid and its Effects on their Achievement in Chemistry. Jordan Journal of Educational Sciences, 6(4), 361 375.

Runtukahu, dkk. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Arr Ruzz Media.

Saad, N. S. & Ghani, A. S. (2008). Teaching Mathematics in Secondary School: Theories and Practices. Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

S. Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Reneka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaharuddin. (2016). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Hubungannya dengan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Binamu Kabupaten Jeneponto. Universitas Negeri Makassar.

Ulya, Himmatul. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG. 1(2), 2015.

Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya. 2(1), ISSN 2303 0992.

Widodo, P. & Purwaningsih, I. E. (2016) . Pengaruh Media Komik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. Yogyakarta.

Zamili, M. (2017). Riset Kualitatif dalam Pendidikan Teori dan Praktik. Depok: Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i4.7667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.