Profil Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Eko Sulistyoningrum, Kartinah Kartinah, Sudargo Sudargo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kesalahan siswa berdasarkan Newman’s Error Analysis dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Weleri tahun ajaran 2020/2021. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan rincian 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditorial dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket gaya belajar,  soal cerita dan wawancara. Identifikasi kesalahan siswa berdasarkan Newman diklasifikasikan kedalam 5 jenis yaitu reading error, comprehension error, transformation error, process skill error, encoding error. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa dengan gaya belajar visual melakukan kesalahan pada tahap transformation, siswa dengan gaya belajar auditorial melakukan kesalahan pada tahap transformation, process skill dan encoding; siswa dengan gaya belajar kinestetik melakukan kesalahan pada tahap comprehension, transformation, process skill dan encoding. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan juga berbeda-beda.

Keywords


kesalahan siswa; Newman’s Error Analysis; soal cerita matematika; gaya belajar.

Full Text:

PDF

References


Adhitya, Y. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2008). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 4(2), 42-52.

Hanifah, N. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Materi Elastisitas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW dan Student Archievement Division (STAD) Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 1(3), 67-73.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18-36.

Nurhayati. (2013). Penerapan Langkah-Langkah Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan di Kelas VII SMP Nasional Wani. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadaluko, 1(1), 115-128.

Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. (2006). Jakarata: Depdiknas.

Prabowo, A., & Heriyanto, S. M. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-BOOK) oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Pustaka, 2(2), 1-9.

Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. CICE Hiroshima University, Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111-122.

Priyanto, A. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Skripsi (tidak diterbitkan). Jember: Universitas Negeri Jember.

Rindyana, B. S., & Chandra, T. D. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasus MAN 2 Batu). Skripsi (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Negeri Malang.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224-232. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i4.7684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.