Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berbantu Media Prezi

Hanum Fajar Susanti, Supandi Supandi, Dina Prasetyowati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving dan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa berbantu media prezi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bawen. Melalui cluster random sampling terpilih penelitian yaitu VII E sebagai kelas eksperimen 1, VII F sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbantu prezi, Problem Based Learning berbantu prezi, dan konvensional; (2) Hasil belajar siswa pada model pembelajaran Problem Solving berbantu prezi lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (3) Hasil belajar siswa pada model pembelajaran Problem Based Learning berbantu prezi lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (4) Hasil belajar siswa pada model pembelajaran Problem Solving berbantu prezi sama baiknya dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu prezi; (5) Deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa pada model pembelajaran Problem Solving berbantu prezi dan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu prezi. Kesimpulan yang diperoleh adalah kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran Problem Solving sama baiknya dengan model pembelajaran Problem Based Learning, kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi bilangan bulat dan pecahan.

Keywords


problem solving; problem based learning; prezi; kemampuan berpikir kreatif

References


Darmayasa. Jero Budi dan Agusmanto J.B Hutauruk. (2018). Matematika Sekolah SMP. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fadilah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(1), 1-8

Munandar. Utami. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Reneka Cipta.

Prasetyowati, D. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Humanistik dan Kontruktivisme dengan Pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectual) Berbantu CD Interaktif Materi Segi Empat Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2),17-27.

Samsinar, Muchtar I, & Rahmad P. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siompu Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 91-103.

Septian, A & Riki R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana. 6(1), 1-8.

Silviani, R., Cut M.Z., & Muhammad S. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 27-39

Trisnawati, Y.I., Sudargo & Dina P. (2019). Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning dan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 190-200.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i4.7699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.