Profil Berpikir Logis Matematis Siswa SMA dalam Penyelesaian Soal Cerita Berbasis Kearifan Lokal Ditinjau dari Kecerdasan Spasial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profil berpikir logis matematis siswa dalam penyelesaian soal cerita berbasis kearifan lokal pada materi geometri ruang yang ditinjau dari kecerdasan spasial siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jepara tahun 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas XII MIPA 1 yaitu 1 siswa yang memiliki kecerdasan spasial tinggi, 1 siswa yang memiliki kecerdasan spasial sedang, dan 1 siswa yang memiliki kecerdasan spasial rendah. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan tes tertulis dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes berpikir logis matematis dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) subjek dengan kecerdasan spasial tinggi mampu memenuhi seluruh indikator berpikir logis matematis dengan baik, (2) subjek dengan kecerdasan spasial sedang mampu memenuhi empat dari lima indikator berpikir logis matematis, (3) subjek dengan kecerdasan spasial rendah mampu memenuhi tiga dari lima indikator berpikir logis matematis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin, H., & Trisnowali, A. (2018). Profil Kemampuan Spasial dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa yang Memiliki KecerdasaN Logis. Histogram, 2(2), 169-182. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3): 32-39, ISSN:2086-4280.
Asis, M., & Nurdin Arsyad, A. (2015). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 78-87.
Dumilah, R. (2013).Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Bidang Datar (Studi Kasus di SMP N 1 Plered Kabupaten Cirebon) (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Fadilah, Elis Nur. et. al. (2014). Kecerdasan Visual-Spasial Siswa SMP dalam Memahami Bangun Ruang di tinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Volume 2 (Nomor 2), halaman 1-14.
Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: ArRuzzMedia.
Hartini, S. (2013). Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis Matematis terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika yang Dikemas dalam Bentuk Cerita (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Irawan, I. P. E., dkk. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, dan Kecerdasan Logis Matematis. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Jayantika, dkk. (2013). Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, Dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(2).
Mullis, I. V. S, et al. (2012). TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Chesnut hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Ni’matus. (2011). Kemampuan Berpikir Logis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 12 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 3 (Nomor 2).
OECD. (2014). PISA 2012 result: What student know and can do – student performance in mathematics, reading and science. (Volume 1, revised edition, February 2014).
Parwati, N. N. (2016). Proceeding Seminar Nasional MIPA. Peranan Karakter Berorientasi Kearifan Lokal dalam Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah. Undiksha: FPMIPA Undiksha.
Pribadi, B. A. (2013). Tes Performa dan Kecerdasan Majemuk. Jurnal Pendidikan, 12(1), 62-73.
Septiati, E. (2016). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Volume 1 (Nomor 1). ISSN 2527 – 7553.
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183-193.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i4.7705
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.