Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Cycle Learning dan Reciprocal Learning Berbasis Realistic Mathematics Education (RME)

Whisnu Andika Wicaksono, Supandi Supandi, Widya Kusumaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis dengan model Cycle Learning dan Reciprocal Learning berbasis Realistic Mathematics Education (RME) . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rembang Tahun Ajaran 2020/2021. Dengan menggunakan simple random sampling terpilih sampel yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran menggunakan model Cycle Learning berbasis Realistic Mathematics Education lebih baik daripada model pembelajaran Reciprocal Learning dalam mencapai kemampuan berpikir kreatif pada siswa, (2) Model pembelajaran Cycle Learning dan model pembelajaran Reciprocal Learning yang berbasis Realistic Mathematics Education memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa, (3) Model pembelajaran Cycle Learning dan model pembelajaran Reciprocal Learning yang berbasis Realistic Mathematics Education memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Cycle Learning dan model pembelajaran Reciprocal Learning yang berbasis Realistic Mathematics Education berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.


Keywords


Berpikir kreatif; cycle learning; reciprocal learning; realistic mathematics education (RME)

Full Text:

PDF

References


Hadi, S. 2016. Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, A. (2011). Implementasi metode pembelajaran inquiry terbimbing dan inquiry bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar biologi ditinjau dari kemampuan awal dan keingintahuan siswa (Studi Kasus pada Pokok Bahasan Sistem Respirasi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sragen. UNS (Sebelas Maret University).

Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qarareh, A. O. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle 5E Methode in Teaching Science on the Educational Achievment of the Sixth Graders. International Journal Education and Science. Vol.4(2): 123-132.

Qing, Z., Gu, J., Liu, Y., Wang, T. 2010. Promoting preservice teachers’ critical thinking Disposition by inquiry-based chemical experiment. Jurnal Procedia Social and Behavioral Sciences.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sufiana. 2013. Pengaruh pendekatan reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika.

Syarif, M. 2016. Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematika Siswa SMA.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i4.7720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.