Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X TKJ A ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan tes GEFT yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif Field Independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif Field Dependent melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes GEFT, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan data yang diperoleh dari hasil tes pemecahan masalah dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes tertulis dan wawancara menyatakan : 1) Siswa dengan gaya kognitif Field Independent mampu memecahkan masalah dengan kategori baik, 2) Siswa dengan gaya kognitif Field Dependent mampu memecahkan masalah dengan kategori cukup.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, S., A. Rahman, & Asdar. (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Efikasi Diri pada Siswa Kelas VIII Unggulan SMPN 1 Watampone. Jurnal Daya Matematis, 3(1): 20-29.
Brown, E., et al. (2006). Reappraising Cognitive Styles in Adaptive Web Applications. www2006.org/programme/files/pdf/1043.pdf (diakses 11 Juni 2020).
Chrysostomou, M., et al. (2011). “Cognitive Styles and Their Relation to Number Sense and Algebraic Reasoning.” Proceedings of the Seventh Congress of the European Society for Research in Mathematics Education, hal 387-396.
Clark, A. (2009). Problem Solving in Singapore Math. http://www.hmheducation.com/.../pdf.MIFProbSolving. diakses 12 Juni 2020.
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda.
Handiningtyas, Wahyu. 2016. Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika Sosial dan Perbandingan ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP Negeri 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Tesis. Tidak dipublikasika. Surakarta: UNS.
Hudojo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika Malang: Jurudan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang.
Husna, F.E., F. Dwina, & D. Murni. (2014). Penerapan Strategi React Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X Sman 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 1, 3(1): 26-30.
Indarwahyuni, N.R., Sutinah, & A.H. Rosyidi. (2014). Profil Kemampuan Siswa Kelas IX-F SMPN 1 Bangsal Mojokerto dalam Memecahkan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1): 128-134.
Mayfana, Sherly. (2016). Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Aljabar ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent-Field Independent. Tesis. Tidak dipublikasikan. Surakarta: UNS.
Polya, G. (1973). How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.
Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1 (1), 163-177.
Sternberg, R.J. dan Elena L.G. (1997). “Are Cognitive Styles Still in Style?”. American Psychologist Association, Volume 52 No. 7. Hal 700 – 712.
Warli. (2008). Kemampuan matematika anak reflektif dan anak impulsif. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, Unirow Tuban, 30 Januari, 590-602.
Witkin. (1973). The Role of Cognitive Style In Academic Performance And In Teacher-Student Relations.
Research Bulletin. New Jersey: Educational Testing Service.
Woolfolk, A. E. (1993). Educational Psychology. London: Allyn and Bacon.
Zevenbergen, R., Dole, S., dan Wright, R.J. (2004). Teaching Mathematics in Primary Schools. Sidney: Allen and Unwin
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i5.7723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.