Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning dan Active Learning Berbantu Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI

Meita Prihastuty Ningsih, Sugiyanti Sugiyanti, Lilik Ariyanto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bermaksud untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning dan Active Learning berbantu aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sale. Diambil sampel sebanyak 2 kelas, kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen 2. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda pada materi program linear dua variabel. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian diperoleh thitung dari model pembelajaran Quantum Learning sebesar 62,855 dan thitung dari model pembelajaran Active Learning sebesar 29,478 dimana keduanya sama-sama melebihi ttabel keduanya yaitu 2,04523 dengan taraf kepercayaan 95%. Kesimpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran Quantum Learning dan Active Learning berbantu aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI.


Keywords


Quantum Learning; Active Learng; Quizizz; Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Abida, R., & Kusuma, A. B. (2019).Pemanfaatan Mobile Learning pada Pelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0.Jurnal Prosiding Sendika. (Online), 5(1), 229-235, (http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/716/614), diakses 16 Maret 2020.

Afandi, M., & Wahyuningsih, S.(2020). The Use of Quantum Learning Model with Islamic Character Values to Improve Fifth Graders’ Academic Achievement. Journal Of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee). (Online), 3(1), 37-46, (https://jtlee.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTLEE/article/view/7823/6775), diakses 24 November 2020.

Agusnanto. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Programmable Logic Controller di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ksi Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Alfiati, N. N. (2010). Hubungan Kemampuan Awal dan Sikap Peserta Didik pada Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Pecahan Peserta Didik Kelas VII Semester I Mts NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 ksi Skripsi tidak diterbitkan. Semarang : IAIN Walisongo.

Anisa, Medriati., Rosane., & Putri, Desy H. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika. (Online), 2(3), 201-208, (https://core.ac.uk/download/pdf/287155683.pdf), diakses 16 Maret 2020.

Arifin, Z., Sudarti., & Lesmono, A. D. (2016). Pengaruh Model Quantum Learning Disertai Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA Negeri Kalisat. Jurnal Pembelajaran Fisika. (Online), 4(4), 365-370, (https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3091/2489), diakses 17 Maret 2020.

Astuti, N. M. R., Ardana, I. K., & Manuaba, I. S. (2013). Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Media Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus III Kerobokan Badung. JurnalMimbar PGSD Undiksha. (Online), 1(1), (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1190/1053), diakses 18 Maret 2020.

Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik. (Online), 1(1), 34-46, (http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/14/14), diakses 16 Maret 2020.

Handayanto, A., Rasiman, R., Supandi, S., & Ariyanto, L. (2015).Pembelajaran E-Learning menggunakan Moodle pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Informatika Upgris. (Online), Vol1,42-28,(http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIU/article/view/808/1051), diakses 31 Maret 2020.

Maisaroh, M., & Rostrieningsih, R. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. (Online), 8(2), 157-172, (https://media.neliti.com/media/publications/17197-ID-peningkatan-hasil-belajar-siswa-dengan-menggunakan-metode-pembelajaran-active-le.pdf), diakses 22 Maret 2020.

Maulana, Sonny Alfian Candra. 2018. Eefektivitas Model Pembelajaran Make a Match dan Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Blended Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa ksi Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Mardiyanto, S., & Pramukantoro, J. A. (2014). Pengaruh Model Active Learning dengan Strategi Team Quiz terhadap Hasil Belajar pada Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Mekanik Dasar di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. (Online), 3(1), 239-244, (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/7208/3612), diakses 10 Maret 2020.

Martini, I. (2014). Penerapan Active Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Apresiasi Musik Nusantara pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 7 Pemalang. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), 31(2), 117-122, (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/5695/4566), diakses 17 Maret 2020.

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Matematika dan Aplikasi d'CARTESIAN. (Online), 7(1), 44-46, (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/decartesian/article/view/20113), diakses 12 November 2020.

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati. (Online), 6(1), 1-7, (https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/JPH/article/view/927/522), diakses 17 April 2020.

OECD.(2018).PISA Programme for International Student Assessment. Diakses pada 8 Maret 2020, dari https://www.oecd.org/pisa/data/

Purba, L. S. L. (2020). The Effectiveness of The Quizizz Interactive Quiz Media As An Online Learning Evaluation of Physics Chemistry 1 to Improve Student Learning Outcomes. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1567, No. 2, p. 022039). IOP Publishing. (Online), (https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1567/2/022039/pdf), diakses 24 November 2020.

Saputri, W., Nugroho, S., & Faisal, F. (2014). Kajian Dua Sampel Independen Dengan Uji Median, Mann-Whitney-Wilcoxon, dan Kolmogorov-Smirnov. E-Jurnal Statistika Sigma Mu Rho. (Online), (http://sigitnugroho.id/e-Skripsi/0505%20Uji%20Median%20Mann-Whitney-Wlcoxon%20Kolmogorov-Smirnov.pdf), diakses 13 November 2020.

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019).Implementasi Media Game Edukasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.Jurnal Edusaintek. (Online), Vol 3, 167-173, (http://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/229/232), diakses 9 Maret 2020.

Tarigan, O. A., Kusumah, I. H., & Karo-Karo, U. (2016).Penerapan Model Active Learning Type Quiz Team untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education. (Online), 3(1), 124-128, (https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/3203/2218), diakses 17 Maret 2020.

Wahyudi, I., Ariyanto, L., & Albab, I. U. (2019).Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan PMRI untuk Mengatasi Miskonsepsi Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), 1(5), 107-119, (http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/4457/2670), diakses 31 Maret 2020.

Wati, M., Sugiyanti, S., & Muhtarom, M. (2019).Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, (Online), 1(5), 97-106, (http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/4456/2667), diakses 31 Maret 2020




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i5.7732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.