Profil Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Sedang

Pipit Eka Septiani, Sugiyanti Sugiyanti, Maya Rini Rubowo

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif merupakan faktor penting bagi peserta didik Indonesia saat ini. Kemampuan berpikir kreatif ini dibutuhkan pada pendidikan abad 21 yang menuntut peserta didik untuk berkarya sehingga dapat menentukan kemajuan Indonesia. Pendidikan abad 21 diterapkan dengan menerapkan kurikulum 2013 berbasis HOTS, namun peserta didik maish kesulitan dalam mengikutinya. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan berpikir tinggi peserta didik Indonesia yang ditunjukkan dalam PISA serta kurangnya kemampuan koneksi matematis siswa yaitu sebagai kemampuan pemahaman konsep matematika. kurangnya kemampuan koneksi matematika akan memperngaruhi kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data tes tertulis dan wawancara, serta menggunakan 4 tahap analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, kemudian dilanjutkan dengan teknik keabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber. Dalam artikel ini ditunjukkan kemampuan berpikir kreatif dalam kemampuan koneksi matematis sedang. Subjek dengan kemampuan koneksi sedang ini memenuhi indikator berpikir kreatif kelancaran dan fleksibilitas yang ditunjukkan oleh hasil tes tertulis subjek dan wawancara mendalam subjek.


Keywords


kemampuan berpikir kreatif; kemampuan koneksi matematis

Full Text:

PDF

References


Adiyanti, C. A., & Aini, I. N. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Materi Persamaan Garis Lurus. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

Agustina, Winda, and Fahriza Noor. "Hubungan hasil belajar dan tingkat berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika." Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 2.3 (2016): 191-200.

Ayuningtyas, N. (2013). Proses penyelesaian soal higher order thinking materi aljabar siswa SMP ditinjau berdasarkan kemampuan matematika siswa. MATHEdunesa, 2(2).

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91-99.

OECD.(2019). PISA (Programme for International Student Assessment) 2018 Insight and Interpretasions.

Permata, A., Sugiatno, S., & Ahmad, D. KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MATERI KUBUS DAN BALOK DIKAJI DARI KREATIVITAS SISWA DI SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9)

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177.

Romli, M. (2017). Profil koneksi matematis siswa perempuan sma dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. JIPMat, 1(2)

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1).

Siswono, T. Y. (2007). Konstruksi Teoritik Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. In Jurnal Pendidikan, Forum Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Vol. 2, No. 4).

Sulistyawati, A. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang)

Sumarmo, U. (2010). Berpikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung: FPMIPA UPI

Widiawati, L., & Joyoatmojo, S. (2018). Higher Order Thinking Skills Pada Pembelajaran Abad 21 (Pre Research). JOURNAL PROCEEDING, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i5.7744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.