Profil Pemahaman Konsep Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Menurut Tahapan Polya Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin

Fika Monikasari, Sugiyanti Sugiyanti, Kartinah Kartinah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman konsep siswa kelas VII dalam pemecahan masalah matematika menurut polya ditinjau dari perbedaan jenis kelamin pada pokok bahasan bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu sebanyak 4 orang siswa kelas VII SMP N 2 Dempet yang dipilih berdasarkan nilai ulangan harian bilangan pada kelompok sedang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes tertulis dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: a) Profil pemahaman konsep siswa laki-laki dalam pemecahan masalah menurut tahapan Polya yaitu : mengumpulkan fakta – fakta dengan menyebutkan hal – hal yang diketahui dan ditanyakan, mengidentifikasi sifat-sifat sesuai dengan konsepnya dengan mengetahui mana yang contoh dan bukan contoh dari permasalahan yang diberikan, menjelaskan langkah – langkah strategi yang digunakan dalam pemecahan masalah, menyajikan konsep bilangan pecahan dalam bentuk representasi matematika, mengaplikasikan konsep atau algoritma pada bilangan pecahan, belum tepat dalam membuat kesimpulan pada jawaban yang sudah diperoleh. b) Profil pemahaman konsep siswa perempuan dalam pemecahan masalah menurut tahapan Polya yaitu : mengumpulkan fakta – fakta dengan menyebutkan hal – hal yang diketahui dan ditanyakan, mengidentifikasi sifat-sifat sesuai dengan konsepnya dengan mengetahui mana yang contoh dan bukan contoh dari permasalahan yang diberikan, menjelaskan langkah – langkah strategi yang digunakan dalam pemecahan masalah, menyajikan konsep bilangan pecahan dalam bentuk representasi matematika, mengaplikasikan konsep atau algoritma pada bilangan pecahan, membuat kesimpulan sesuai dengan langkah penyelesaian, membuktikan kebenaran dengan memeriksa kembali jawaban dan memastikan solusi yang diperoleh sudah benar karena langkah yang digunakan sudah benar.


Keywords


Pemahaman Konsep; Pemecahan Masalah; Jenis Kelamin

Full Text:

PDF

References


Agustina, I. W., & Amin, S. M. (2013). Profil Pengajuan Soal Matematika Siswa Kelas VII SMP pada Materi Perbandingan ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Perbedaan jenis kelamin. MATHEdunesadunesa, 1–8.

Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1–7. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/49

Amir, Z. M. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Andriyasari, A., Syukriyah, D., & Lailatul Mubarokah. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin Siswa Kelas VII MTs Darussalam Jabon.

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Lingkaran. 2(9), 911–922. https://doi.org/10.31227/osf.io/wsza9

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics Jeremy. Society, II(6), 790.

Kurnia, S., & Aksan, P. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Kemampuan Pengajuan Masalah Siswa. 3(2), 1–10.

Kurniasi, E. R. (2016). Profil Pemahaman Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Prima, V(Ii), 1–7.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Murizal, A., Yarman, & Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19–23.

Polya, G. (1985). Polya_HowToSolveIt.pdf.

Rofiki, I. (2013). Profil Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 1 Surabaya Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika. 1, 300–310.

Rosadi, I., Hidayat, R., Rahmatudin, J., Keguruan, F., Studi, P., Matematika, P., Cirebon, U. M., & Indonesia, J. B. (2018). Paya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah melalui pendekatan polya. 9(1), 50–62.

Sugiyanti, S. (2017). DITINJAU DARI GENDER ANALYSIS OF PROBLEM-SOLVING SKILLS TO THE MATERIAL SHAPED WITH CURVED SIDE ABOUT THE STORY IN TERMS OF GENDER Oleh : Sridiyah Sugiyanti Dibimbing oleh : SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2017.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern : Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan Edisi Keempat. Penerbit Erlangga.

Utami, W. I., & Rosyidi, A. H. (2016). Profil Lapisan Pemahaman Property Noticing Siswa Pada Materi Logaritma Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 5(1).

Utomo, E. P. L. (2015). Analisis Kemampuan Kognitif dalam Memecahkan Masalah pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial berdasarkan Taksonomi Solo Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Digital Repository Universitas Jember, 27. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/65672/Ainul Latifah-101810401034.pdf?sequence=1




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i5.7805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.