Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Spasial dan Kemampuan Logis Matematis

Fari Ani Yuliati, Yanuar Hery Murtianto, Farida Nursyahidah

Abstract


Berpikir kreatif matematis menjadi sangat penting karena kecerdasaan siswa mempengaruhi kreativitas mereka baik kreativitas dari segi menciptakan banyak gagasan maupun proses dalam memecahkan masalah matematika baik yang berkaitan dengan permasalahan kemampuan visual spasial maupun kemampuan logis-matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpikir kreatif siswa SMP yang ditinjau dari kemampuan spasial dan kemampuan logis matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa SNP Negeri 2 Sumowono kelas IX A pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tes kemampuan spasial, tes kemampuan logis matematis, tes kemampuan berpikir kreatif, wawancara serta dokumentasi untuk mengabadikan semua hal-hal penting yang dilakukan saat penelitian. Teknik analisi data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Validasi data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian dianalisis mengacu pada indikator berpikir kreatif yaitu 1) Fluency (berpikir lancar); 2) Flexibility (Berpikir luwes); 3) Originality (Kebaruan). Hasil siswa berpikir kreatif ditinjau dari kemampuan spasial dan kemampuan logis matematis memenuhi indikator 1) Fluency (berpikir lancar); 2) Flexibility (Berpikir luwes); 3) Originality (Kebaruan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek kemampuan spasial mampu memenuhi semua indikator; (2) Subjek kemampuan logis matematis mampu memenuhi semua indikator.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif; Kemampuan Spasial; Kemampuan Logis Matematis.

Full Text:

PDF

References


Aini, R. N., Murtianto, Y. H., & Prasetyowati, D. (2019). Profil Kemampuan Spasial Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2685-3892), 90-96.

Asis, M. (2015). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 78-87.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Modives, 2(129-136).

Fbriana, E. (2015). Profil Kemampuan Spasial Siswa Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Dimensi TigaDitinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elemen, 2.

Febriana, D. (2016). Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP Berkecerdasan Linguistic Logis-Matematis, dan Visual-Spasial dalam Menyekesaikan Persegi Panjang. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2.

Indriana, V. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran POE (Predict-Observe-Expalain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN22 Makasar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 51-62.

Kozbelt, A., Beghetto, R. A., & Runco, M. A. (2010). Theories of creativity. In J. C. Kaufman & R. J. Sternberg (Eds), The Cambridge handbook of creativity (pp.20-47). Cambridge: United Kingdom: Cmbridge University Press.

Maier, P. H. (1996). Spatial Geometry And Spatial Ability - How To Make Solid Geometry Solid?

Mursidik, E. M. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun, 4(1).

Novitasari, D., & Abdul, A. (2015). Profil Kreativitas Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Visual Spasial dan Logis Matematis pada Siswa SMAN 3 Makasar. Jurnal Dava Matematik, 3.

Prihatnani, E. (2012). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Menggunakan Alat Peraga 2 Dimensi dan 3 Dimensi pada Pokok Bahasan Dimenesi Tiga Untuk Siswa SMA Di Kabupaten Kulon Progo Ditinjau Dari Kecerdas.

Pamungkas, A. S., & Setiani, Y. (2017). Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa. Jurnal Kreano, 8(61-68).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i5.7828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.