Efektivitas Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan Creative Problem Solving (CPS) Berbantu E-Modul terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mranggen pada Materi Sistem Koordinat

Akhdian Dwi Nurfarida, Achmad Buchori, Ida Dwijayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran MEA berbantu E-Modul, model pembelajaran CPS berbantu E-Modul dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Apakah model pembelajaran MEA berbantu E-Modul lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (3) Apakah model pembelajaran CPS berbantu E-Modul lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (4) Apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MEA berbantu E-Modul mencapai tuntas secara klasikal maupun individual. (5) Apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CPS berbantu E-Modul mencapai tuntas secara klasikal maupun individual. (6) Apakah terdapat pengaruh keaktifan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MEA berbantu E-Modul dan CPS berbantu E-Modul. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling sehingga terpilih kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII F  sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), dokumentasi dan tes. Hasil analisis diperoleh bahwa ketiga kelas berdistribusi normal, homogen dan hipotesis 1 untuk anava diperoleh F_hitung>F_tabel yaitu 23,9 > 3,12 itu artinya ada perbedaan efektivitas antara ketiga model pembelajaran. Pada hipotesis 2, 3 diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,42 < 6,24 maka kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 1 sama dengan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 2. Pada hipotesis 4 dan 5 diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 12,61647 > 1,71088 maka siswa kelas eksperimen 1 tuntas secara individual, dikatakan tuntasan belajar klasikal sebesar 96%, dan untuk eksperimen 2 diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 13,71877 > 1,71088 dikatakan tuntasan belajar klasikal sebesar 100%. Pada hipotesis 6 diperoleh presentase 16,70% dan 53,12% artinya pengaruh antara keaktifan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap kedua model. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran MEA dan CPS berbantu E-Modul lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Keywords


Means Ends Analysis (MEA); Creative Problem Solving (CPS); E-Modul; Kemampuan berpikir kritis Matematis

Full Text:

PDF

References


Akhmad, Gheovani Puspa Adila.2014.â€Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Model-Eliciting Activities (Meas) pada Materi Persamaan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamonganâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 2. 97-102.

Aldous, C. R.2007.â€Creativity, Problem Solving and Innovative Science: Insights From History Cognitive Psychology and Neuroscienceâ€. International Education Journal.

Arifin, Zaenal.2014.â€Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedurâ€. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Budiyono.2013.â€Statistika Untuk Penelitian Edisi ke 2â€.Surakarta:UNS Press.

Dewi, I., & Siti, L. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Terbuka dengan Menggunakan Model Learning Cycle. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1), 11-20.

Fajariyah, dkk.2012.â€Keefektifan Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing dan Creative Problem Solving Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Peserta Didik di SMP N 1 Tengaranâ€. Unnes Journal of Mathematic Education. Vol. 1, No. 2. 1-7.

Ghaliyah, S., Fauzi, B., & Siswoyo. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Learning Cycle 7E Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik untuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 150-154.

Husnawati, Nely.2015.†Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kopang.J-MPM.Vol.3, No.1. 1-7. ISSN 2338-3836

In’am, Akhsanul.2009.â€Efektivitas Pembelajaran Aljabar dengan Pendekatan Metakognisiâ€. Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapannya. 1-10.

Juanda, M, R. Johar, dan M. Ikhsan.2014.†Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaranâ€.Jurnal Kreano.Vol.5,No.2.105-113.ISSN.2086-2334.

Juniarti, Nina.2014.†Penerapan Model Pembelajaran Means End Analysis (Mea) Dalam Setting Di Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswaâ€.Jurnal Ilmiah.Vol.2,No.3.283-295.

Karim, Normaya.2015.†Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertamaâ€.Jurnal Pendidikan Matematika.Vol.3, No.1.92-104.

Lasmiyati, Idris Harta.2014.â€Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMPâ€. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9, No. 2. 161-174.

Maftukhin, Muhammad, dwijanto, Rahayu Budhiati Veronica.2014.†Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Cd Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritisâ€. Unnes Journal of Mathematic Education.Vol.3, No.1.29-34.ISSN.2252-6927.

Masturoh, Umi, Endang Retno Winarti. 2014. Implementasi Pembelajaran MEA Berbantuan Cabri 3d Terhadap Hasil Belajar Materi Jarak. Vol 3 n 1 hal 41-47 ISSN 2252-6927. Semarang: Unnes Journal of mathematics education

Nanang.2015.†Penerapan Model PQ4R dalam Pembelajaran Matematika dapat Meningkatkan Kemampuan Procedural Fluency Siswaâ€. Jurnal Review Pendidikan. Vol. 2, No. 1. 42-59.

Nasution, S. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi, Moh.2017.†Pengaruh Strategi Means-Ends Analysis Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertamaâ€.Universitas Pasundan.Vol.10, NO.1.89-97.

Purwati.2015.â€Efektifitas Pendekatan Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan PemecahanMasalah Matematika Pada Siswa SMAâ€. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika. Vol. 1, No. 1. 39-55.

Sakti, Sonny Permana.2014.†Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Ditinjau dari Peningkatan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa SMPâ€. Skripsi. UNY: Yogyakarta.

Siregar, Syofian.2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Soewadji, Jusuf.2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Medis.

Suarsana, dkk.2013.†Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswaâ€. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 2. 264-275.

Sugiyono.2015. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Susanti.Vera Dewi.2018.†Efektivitas Model Pembelajaran Means Ends Analysis (Mea) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kepercayaan Diriâ€.JUDIKA.Vol.6, No.1.60-72.

Susiyanti, Silvina.2016.†Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbantuan Visualisasi Geogebra pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Segiempat Siswa Kelas VIIâ€., Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 300-307.

Sutrisno.2016.â€Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri O Managunharjo Tahun Pelajaran 2016/ 2017â€. Artikel Ilmiah Alumni STKIP PGRI Lubuklinggau. 1-32.

Utami, Farida.2019. “Efektivitas penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datarâ€.Jurnal Match Educator Nusantara.Vol.5, No.1.1-13. p-ISSN:2459-9735 e-ISSN:2580-9210 Surabaya: Universitas Muhamadiyah.

Wahyuni, Rika.2018.†Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurusâ€.JPMI.Vol.3. No.1.26-31. p-ISSN: 2477-5967 e-ISSN: 2477-8443.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.7838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.