Efektivitas Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan Creative Problem Solving (CPS) Berbantu E-Modul terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mranggen pada Materi Sistem Koordinat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, Gheovani Puspa Adila.2014.”Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Model-Eliciting Activities (Meas) pada Materi Persamaan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 2. 97-102.
Aldous, C. R.2007.”Creativity, Problem Solving and Innovative Science: Insights From History Cognitive Psychology and Neuroscience”. International Education Journal.
Arifin, Zaenal.2014.”Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Budiyono.2013.”Statistika Untuk Penelitian Edisi ke 2”.Surakarta:UNS Press.
Dewi, I., & Siti, L. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Terbuka dengan Menggunakan Model Learning Cycle. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1), 11-20.
Fajariyah, dkk.2012.”Keefektifan Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing dan Creative Problem Solving Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Peserta Didik di SMP N 1 Tengaran”. Unnes Journal of Mathematic Education. Vol. 1, No. 2. 1-7.
Ghaliyah, S., Fauzi, B., & Siswoyo. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Learning Cycle 7E Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik untuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 150-154.
Husnawati, Nely.2015.” Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kopang.J-MPM.Vol.3, No.1. 1-7. ISSN 2338-3836
In’am, Akhsanul.2009.”Efektivitas Pembelajaran Aljabar dengan Pendekatan Metakognisi”. Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapannya. 1-10.
Juanda, M, R. Johar, dan M. Ikhsan.2014.” Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran”.Jurnal Kreano.Vol.5,No.2.105-113.ISSN.2086-2334.
Juniarti, Nina.2014.” Penerapan Model Pembelajaran Means End Analysis (Mea) Dalam Setting Di Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.Jurnal Ilmiah.Vol.2,No.3.283-295.
Karim, Normaya.2015.” Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama”.Jurnal Pendidikan Matematika.Vol.3, No.1.92-104.
Lasmiyati, Idris Harta.2014.”Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9, No. 2. 161-174.
Maftukhin, Muhammad, dwijanto, Rahayu Budhiati Veronica.2014.” Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Cd Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis”. Unnes Journal of Mathematic Education.Vol.3, No.1.29-34.ISSN.2252-6927.
Masturoh, Umi, Endang Retno Winarti. 2014. Implementasi Pembelajaran MEA Berbantuan Cabri 3d Terhadap Hasil Belajar Materi Jarak. Vol 3 n 1 hal 41-47 ISSN 2252-6927. Semarang: Unnes Journal of mathematics education
Nanang.2015.” Penerapan Model PQ4R dalam Pembelajaran Matematika dapat Meningkatkan Kemampuan Procedural Fluency Siswa”. Jurnal Review Pendidikan. Vol. 2, No. 1. 42-59.
Nasution, S. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi, Moh.2017.” Pengaruh Strategi Means-Ends Analysis Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”.Universitas Pasundan.Vol.10, NO.1.89-97.
Purwati.2015.”Efektifitas Pendekatan Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan PemecahanMasalah Matematika Pada Siswa SMA”. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika. Vol. 1, No. 1. 39-55.
Sakti, Sonny Permana.2014.” Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Ditinjau dari Peningkatan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa SMP”. Skripsi. UNY: Yogyakarta.
Siregar, Syofian.2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Soewadji, Jusuf.2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Medis.
Suarsana, dkk.2013.” Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 2. 264-275.
Sugiyono.2015. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Susanti.Vera Dewi.2018.” Efektivitas Model Pembelajaran Means Ends Analysis (Mea) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kepercayaan Diri”.JUDIKA.Vol.6, No.1.60-72.
Susiyanti, Silvina.2016.” Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbantuan Visualisasi Geogebra pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Segiempat Siswa Kelas VII”., Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 300-307.
Sutrisno.2016.”Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri O Managunharjo Tahun Pelajaran 2016/ 2017”. Artikel Ilmiah Alumni STKIP PGRI Lubuklinggau. 1-32.
Utami, Farida.2019. “Efektivitas penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar”.Jurnal Match Educator Nusantara.Vol.5, No.1.1-13. p-ISSN:2459-9735 e-ISSN:2580-9210 Surabaya: Universitas Muhamadiyah.
Wahyuni, Rika.2018.” Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus”.JPMI.Vol.3. No.1.26-31. p-ISSN: 2477-5967 e-ISSN: 2477-8443.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.7838
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.