Efektivitas Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan Creative Problem Solving (CPS) Berbantu E-Modul terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mranggen pada Materi Sistem Koordinat

Akhdian Dwi Nurfarida, Achmad Buchori, Ida Dwijayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran MEA berbantu E-Modul, model pembelajaran CPS berbantu E-Modul dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Apakah model pembelajaran MEA berbantu E-Modul lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (3) Apakah model pembelajaran CPS berbantu E-Modul lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (4) Apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MEA berbantu E-Modul mencapai tuntas secara klasikal maupun individual. (5) Apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CPS berbantu E-Modul mencapai tuntas secara klasikal maupun individual. (6) Apakah terdapat pengaruh keaktifan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MEA berbantu E-Modul dan CPS berbantu E-Modul. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling sehingga terpilih kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII F  sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), dokumentasi dan tes. Hasil analisis diperoleh bahwa ketiga kelas berdistribusi normal, homogen dan hipotesis 1 untuk anava diperoleh F_hitung>F_tabel yaitu 23,9 > 3,12 itu artinya ada perbedaan efektivitas antara ketiga model pembelajaran. Pada hipotesis 2, 3 diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,42 < 6,24 maka kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 1 sama dengan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 2. Pada hipotesis 4 dan 5 diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 12,61647 > 1,71088 maka siswa kelas eksperimen 1 tuntas secara individual, dikatakan tuntasan belajar klasikal sebesar 96%, dan untuk eksperimen 2 diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 13,71877 > 1,71088 dikatakan tuntasan belajar klasikal sebesar 100%. Pada hipotesis 6 diperoleh presentase 16,70% dan 53,12% artinya pengaruh antara keaktifan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap kedua model. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran MEA dan CPS berbantu E-Modul lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Keywords


Means Ends Analysis (MEA); Creative Problem Solving (CPS); E-Modul; Kemampuan berpikir kritis Matematis

Full Text:

PDF

References


Akhmad, Gheovani Puspa Adila.2014.”Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Model-Eliciting Activities (Meas) pada Materi Persamaan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 2. 97-102.

Aldous, C. R.2007.”Creativity, Problem Solving and Innovative Science: Insights From History Cognitive Psychology and Neuroscience”. International Education Journal.

Arifin, Zaenal.2014.”Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Budiyono.2013.”Statistika Untuk Penelitian Edisi ke 2”.Surakarta:UNS Press.

Dewi, I., & Siti, L. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Terbuka dengan Menggunakan Model Learning Cycle. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1), 11-20.

Fajariyah, dkk.2012.”Keefektifan Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing dan Creative Problem Solving Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Peserta Didik di SMP N 1 Tengaran”. Unnes Journal of Mathematic Education. Vol. 1, No. 2. 1-7.

Ghaliyah, S., Fauzi, B., & Siswoyo. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Learning Cycle 7E Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik untuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 150-154.

Husnawati, Nely.2015.” Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kopang.J-MPM.Vol.3, No.1. 1-7. ISSN 2338-3836

In’am, Akhsanul.2009.”Efektivitas Pembelajaran Aljabar dengan Pendekatan Metakognisi”. Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapannya. 1-10.

Juanda, M, R. Johar, dan M. Ikhsan.2014.” Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran”.Jurnal Kreano.Vol.5,No.2.105-113.ISSN.2086-2334.

Juniarti, Nina.2014.” Penerapan Model Pembelajaran Means End Analysis (Mea) Dalam Setting Di Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.Jurnal Ilmiah.Vol.2,No.3.283-295.

Karim, Normaya.2015.” Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama”.Jurnal Pendidikan Matematika.Vol.3, No.1.92-104.

Lasmiyati, Idris Harta.2014.”Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9, No. 2. 161-174.

Maftukhin, Muhammad, dwijanto, Rahayu Budhiati Veronica.2014.” Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Cd Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis”. Unnes Journal of Mathematic Education.Vol.3, No.1.29-34.ISSN.2252-6927.

Masturoh, Umi, Endang Retno Winarti. 2014. Implementasi Pembelajaran MEA Berbantuan Cabri 3d Terhadap Hasil Belajar Materi Jarak. Vol 3 n 1 hal 41-47 ISSN 2252-6927. Semarang: Unnes Journal of mathematics education

Nanang.2015.” Penerapan Model PQ4R dalam Pembelajaran Matematika dapat Meningkatkan Kemampuan Procedural Fluency Siswa”. Jurnal Review Pendidikan. Vol. 2, No. 1. 42-59.

Nasution, S. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi, Moh.2017.” Pengaruh Strategi Means-Ends Analysis Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”.Universitas Pasundan.Vol.10, NO.1.89-97.

Purwati.2015.”Efektifitas Pendekatan Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan PemecahanMasalah Matematika Pada Siswa SMA”. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika. Vol. 1, No. 1. 39-55.

Sakti, Sonny Permana.2014.” Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Ditinjau dari Peningkatan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa SMP”. Skripsi. UNY: Yogyakarta.

Siregar, Syofian.2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Soewadji, Jusuf.2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Medis.

Suarsana, dkk.2013.” Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 2. 264-275.

Sugiyono.2015. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Susanti.Vera Dewi.2018.” Efektivitas Model Pembelajaran Means Ends Analysis (Mea) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kepercayaan Diri”.JUDIKA.Vol.6, No.1.60-72.

Susiyanti, Silvina.2016.” Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbantuan Visualisasi Geogebra pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Segiempat Siswa Kelas VII”., Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 300-307.

Sutrisno.2016.”Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri O Managunharjo Tahun Pelajaran 2016/ 2017”. Artikel Ilmiah Alumni STKIP PGRI Lubuklinggau. 1-32.

Utami, Farida.2019. “Efektivitas penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar”.Jurnal Match Educator Nusantara.Vol.5, No.1.1-13. p-ISSN:2459-9735 e-ISSN:2580-9210 Surabaya: Universitas Muhamadiyah.

Wahyuni, Rika.2018.” Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus”.JPMI.Vol.3. No.1.26-31. p-ISSN: 2477-5967 e-ISSN: 2477-8443.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.7838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.