Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Yuni Kartikasari, Widya Kusumaningsih, FX Didik Purwosetiyono

Abstract


Jenis penelitian adalah kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur newman bergaya kognitif. Teknik penelitian menggunakan purposive sampling pada kelas VIII, dipilih 3 siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan 3 siswa yang memiliki gaya kognitif field independent. Instrumen penelitian berupa GEFT, tes soal cerita matematika dan pedoman wawancara. Penentuan subjek menggunakan uji GEFT untuk menentukan siswa bergaya kognitif field dependent dan field independent. Selanjutnya dilakukan tes soal cerita matematika unuk mengetahui kesalahan siswa pada prosedur newman, dan pedoman wawancara yang digunakan untuk melakukan kegiatan berupa tanya jawab untuk mencapai tujuan penelitian. Dari penelitian diperoleh bahwa semakin tinggi kategori pada prosedur newman semakin banyak kesalahan yang dilakukan subjek. Subjek dengan gaya kognitif field dependent melakukan kesalahan pada tahapan transformasi, tahpan ketrampilan proses, tahapan penulisan kesimpulan. Untuk tahapan ketrampilan proses melakukan kesalahan pada operasi matematika sehingga hal ini juga mempengaruhi kesalahan yang dilakukan pada tahapan selanjutnya yakni penulisan jawaban. Sedangkan subjek dengan gaya kognitif field independent cenderung melakukan  kesalahan tahapan transformasi, ketrampilan proses dan penulisan jawaban. Untuk tahapan penulisan jawaban kesalhan yang dilakukan yakni dengan tidak menuliskan kesimpulan dan jawaban yang tepat.


Keywords


kesalahan siswa; soal cerita matematika; gaya kognitif dependent; gaya kognitif independent

Full Text:

PDF

References


Aldarmono, Aldarmono. "IDENTIFIKASI GAYA KOGNITIF (COGNITIVE STYLE) PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR." Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial3.1 (2012): 63-69.

Al-Salameh, E.M. 2011. A Study of Al-Balqa‟ Applied University StudentsCognitive Style. International Education Studies, 4(3): 189-193.

Alamolhodaei, H. 2010. Convergent/Divergent Cognitive Styles And Mathematical Problem Solving Ferdowsi University Of Mashhad, Iran. Journal Of Science And Mathematics Education In S.E. Asia, 24(2): 102-117.

Bani, Asmar. "PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA." Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1.2 (2016).

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ulya, H., 2015. Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, volume 1 No.2.

White, Allan L. "Active mathematics in classrooms: finding out why children make mistakes-and then doing something to help them." Square one vol.15 No.4 (2005): 15-1




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.7901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.