Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Self-Regulated Learning

Ambar Rahmawati, Muhtarom Muhtarom, Dewi Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari self-regulated learning. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah tiga siswa kelas XI TB1 SMKN 1 Kalinyamatan dengan tingkat self-regulated learning tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dengan self-regulated learning tinggi memenuhi semua indikator berpikir kreatif, yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration; subjek dengan self-regulated learning sedang memenuhi tiga indikator berpikir kreatif, yaitu flexibility, originality, dan elaboration; subjek dengan self-regulated learning rendah memenuhi dua indikator berpikir kreatif, yaitu flexibility dan originality.


Keywords


Analisis; Berpikir Kreatif; Self-Regulated Learning

Full Text:

PDF

References


Akhdiyat, A. M. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. JPMI –Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatiff, 1(6) , 1045-1054.

BsY, B. (2010). BsY, B. (Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1) , 11–23.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hargis, J. (n.d.). The Self-Regulated Learner Advantage:. Retrieved September 03, 2020, from Learning Science on the Internet: (http:/www.jhargis.com/)

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Replika Aditama.

Isnaeni, S., Fajriah, L., Risky E., S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives, 2(1) , 107-115.

Komala, E. (2017). Penerapan Resource Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2) .

Mauludin, A., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Invatif, 1 (2), , 193-200.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka.

Nurjaman, A., & Sari, I. P. (2017). The Effect of Problem Posing Approach Towards Students’ Mathematical Disposition, Critical & Creative Thinking Ability Based on School Level. Infinity, 6 (1) , 69-76.

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DI KOTA CIMAHI. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , Volume 3, No. 1, pp 164-177.

Riani N., P. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Paidagogeo Vol.2 No.1 – Januari 2017 [ISSN 2527-9696] , 46-62.

Saironi, M., & Sukestiyarno, Y. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research , 76 - 88.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 1(1) , 163-177.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas XI pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3) , 383-394.

Zubaidah, S., Miftahul, F. N., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Creative Thinking Skills of Students through Differentiated Science Inquiry Integrated with Mind Map. Journal of Turkish Science Education , 77-91.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.8005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.