Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif
Abstract
Kemampuan koneksi matematis adalah suatu kemampuan dalam mengaitkan atau mencari hubungan antar topik dalam matematika itu sendiri, dan kemampuan mengaplikasikan matematika dengan ilmu lain maupun dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Ma’arif Karangawen. Subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas 9D yang terdiri dari 2 orang siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 orang siswa dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes gaya kognitif dengan MFFT, tes kemampuan koneksi matematis (TKKM), dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini di mulai dengan penentuan subjek gaya kognitif, kemudian diberikan tes kemampuan koneksi matematis dan dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif masih tergolong rendah. Siswa dengan gaya kognitif reflektif hanya mampu memenuhi satu indikator saja, akan tetapi siswa dengan gaya kognitif ini cenderung mampu memaksimalkan waktu dalam menyelesaikan masalah dengan baik dan tidak tergesa-gesa. Siswa dengan gaya kognitif impulsif hanya mampu memenuhi satu indikator, siswa dengan gaya kognitif ini tergesa-gesa dalam menyelesaikan masalah dan tidak dapat memaksimalkan waktu dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anandita, G. P. (2015). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. 1-137.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Batusangkar: Rosda.
Fitrianingsih, A., Ariyanto, L., & Dwijayanti, d. I. (2018). Profile On Student Mathematical Connection Abilities In Understanding Mathematical Concepts In Terms Of Gender. Jurnal Inovasi Matematika Volume 6 No.3, 296-305.
Kusmanto, H., & Marliyana, d. I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas Vii Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. EduMa Vol.3 No.2 ISSN 2086-3918, 61-75.
Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA Volume 2 Nomor 1, ISSN 2338-2996, 36-46.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America.
Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA Dengan Kemampuan Matematika Tinggi Menyelesaikan Masalah Matematika. Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 1, No.2, 144-163.
Siregar, N. D., & Surya, d. E. (2017). Analysis of Students' Junior High School Mathematical Connection Ability. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR)(2017) Volume 33, No 2, pp 309-320, 309-320.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Yogyakarta: Alfabeta.
Susanto, H. A. (2008). Mahasiswa Field Dependent Dalam Memahami Konsep Grup. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 64-77.
Usodo, B. (2011). Profil Intuisi Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 96-172). UNS.
Warli. (2013). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif Dalam Memecahkan Maslah Geometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Volume 20, Nomor 2, 190-201.
Widadah, S., Afifah, D. S., & Suroto, d. (2013). Profil Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol 1 No.1 ISSN:2337-8166, 13-24.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.8085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.