Analisis Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Indriani Khairunnisa, Lilik Ariyanto, Dhian Endahwuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis kelas VII ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa MTs selanjutnya dipilih berdasarkan tes motivasi belajar yaitu satu siswa dengan motivasi belajar tinggi, satu siswa dengan motivasi sedang, satu siswa dengan motivasi belajar rendah. Instrumen  yang digunakan dalam penelitian yaitu kuesioner motivasi belajar, tes tertulis berpikir kreatif matematis, dan wawancara untuk memunculkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa dengan motivasi belajar tinggi mampu memnuhi indikator berpikir kreatif matematis yaitu, berpikir lancar (Fluency), berpikir luwes (Flexibility), berpikir orisinal (Originality), dan berpikir merinci (Elaboration). 2) siswa dengan motivasi belajar sedang hanya memenuhi beberapa indikator berpikir kreatif matematis yaitu, berpikir lancar (Fluency), berpikir luwes (Flexibility), dan berpikir merinci (Elaboration). 3) siswa dengan motivasi belajar rendah hanya memenuhi satu indikator berpikir kreatif matematis yaitu, berpikir lancar (Fluency).

Keywords


Berpikir Kreatif Matematis; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Akhsani, L., & Rahayu, P. (2017). Strategi True Or False dengan Media Kartu Indeks pada Indeks Mata Kuliah Teori Graf. Jurnal Of Mathematics Education, 2(2).

Anwar, M. N., Shamim, S., & Haq, R. (2012). A Comparison of Creative Thinking Abilitiesof High and Low Achievers Secondary School Student. International Interdisciplinary Journal of Education.

Bahri, A., & Corebima, A. D. (2015). The Contribution Of Learning Motivatio And Metacognitive Skill On Cognitive Learning Outcome Of Students Within Different Learning Strategie. Journal of Baltic Science Education, 487-450.

Bakar, R. (2014). The Effect Of Learning Motivation On Student’s Productive. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732.

Baron, R. A., & Donn, B. (2000). Social psychology. (A. &. Bacon, Penyunt.) 10(3).

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eftafiyana, S., & dkk. (2013). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Creative Problem Solving. Jurnal Teori Riset Matematika (TEOREMA), 2(2), 85-92.

Ermistri, A. I. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Berpikir Kreatif Matematis Pada Siswa Di Kelas VII SMP.

Fardah, D. K. (2012). Analisis proses dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika melalui tugas open-ended. Jurnal Kreano, 3(2).

Fitriyati, N. R., Himah, N., & Rohadi, R. (2019). Outdoor Activity: Fun Learning to Build Creative Thinking. Proceeding of 1st Conference of English Language and Literature (CELL).

Happy, N., & Bondan, D. (2014, Mei). Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1).

Hasan, F. R., Pomalato, S. W., & Uno, H. B. (2020, Maret). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari motivasi Belajar. Jambura Journal Of Mathematics Education, 1(1), 13-20.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarno, U. (2018). HARD SKILLS DAN SOFT SKILLS MATHEMATIC SISWA. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nugroho, A. A., & Dwi jayanti, i. (2016). Proses Berpikir Mahasiswa Ditinjau dari Kemampuan Metakognitif awal dalam Pemecahan Masalah matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 25-32.

Oncu, E. C. (2016, April 23). Improved creative thinkers in a class: A model of activity based tasks for improving university students’ creative thinking abilities. academic journals, 11(8), 517.

Rahardjanto, A., Husamah, & Fauzi, A. (2019, April). Hybrid-PjBL: Learning Outcomes, Creative Thinking Skills, and Learning Motivation of Preservice Teacher. International Journal of Instruction, 12(2), 179-192.

Sadikin, A. (2018). The Implementation of Learning Journal to Improve University Students’Motivation in Basic and Process of Learning Biology subject. Bioeducation Journal, 2(1), 71-75.

Siswono. (2015). Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal Matematika.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Penerapan dalam penelitian. Yogyakarta: UNY Pers.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.8087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.