Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional

Dwi Mulyaningsih, Rizky Esti Utami, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan tes kecerdasan emosional yaitu 2 siswa dengan kecerdasan emosional tingkat tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan emosional tingkat sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan emosional tingkat rendah kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang yang dipilih berdasarkan hasil tes kecerdasan emosional dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes kecerdasan emosional, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan hasil informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil tes dan wawancara 1) Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi memenuhi semua indikator yaitu memahami masalah (understand the problem), membuat rencana (devise a plan), melaksanakan rencana (carry out the plan), melihat kembali (looking back) 2) Siswa dengan kecerdasan emosional sedang memenuhi semua indikator yaitu memahami masalah (understand the problem), membuat rencana (devise a plan), melaksanakan rencana (carry out the plan), melihat kembali (looking back) 3) Siswa dengan kecerdasan emosional rendah hanya memenuhi 3 indikator yaitu membuat rencana (devise a plan), melaksanakan rencana (carry out the plan), melihat kembali (looking back).


Keywords


Profil; Kemampuan Pemecahan Masalah; Pemecahan Masalah Matematika; Kecerdasan Emosional

Full Text:

PDF

References


Adryana Smita, dkk.Profil Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa SMA N Sindue Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Tinggi.Mitra Sains,Volume 5 Nomor 4,Oktober 2017 hlm 25-32.

Ariati, L.K., & Hartati, L. 2017. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional”.Jurnal Analisa, 3(2): 106-114.

Arslan, C. & Altun, M. 2007. “Learning To Solve Non-routine Mathematical Problems”. Elementary Education Online.Vol. 6 No.1. Hal. 50-61.

Ary Ginanjar Agustin, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (Jakarta: Arga, 2001), 20.

Fransiska Meni Oeleu, dkk. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Berdasarkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Kependidikan Matematika. Volume 1 Nomor 1.

Hakim, El Lukman. 2013. Proses Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masakah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Tingkat Kecerdasan Emosi dan Gender. Disertasi. Unesa.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasbullah & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Unindra Press

Hastuti, Sri P. (2015). Korelasi Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Ponorogo: STAIN.

Jadha, 2010. Profil Pemecahan Masalah Open-Enden Siswa SMP Berdasarkan Kecerdasan Emosional. Tesis. Universitas Yogyakarta

Maftukhah , Nur Ajeng.(2018).Analisis Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Kemampuan Problem Solving Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal al–Hikmah vol. 6 no. 2 .

Mahmudah & Lestariningsih. (2014). Profil Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Soal Lingkaran Berdasarkan Kecerdasan Emosional.

Merianah. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu. JPMR 4(1).

Murni Rospitasari (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Di Smp Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Volume 6 Nomor 8.

Norila & Ikhsan. 2014. “The Effects of Integrating Emotional Intelligence on Students’ Attitudes Toward Mathematics”. International Journal of Asian Social Science. Vol. 4 No.9. Hal. 966- 976.

Nurman. 2008. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar dan Pemecahan Masalah. Tesis. Universitas Negeri Surabaya.

Polya, G. 1973. How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Rasiman, R., & Utami, R. E. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANNUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN PREZI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMK TEXMACO PEMALANG. SENATIK, 335-339.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Supriadi,dkk. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Al Azwar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2013/2014. Vol 3 No 2 hal 204-214.

Tin Lam, T, et al. 2011. “Assessing Problem Solving in the Mathematics Curriculum: A New Approach” dalam Berinderjeet Kaur (Ed.), Assessment in The Mathematics Classroom. Singapore: World Scientific Publishing. Hal. 33-66.

Wahyuni, Sri, Hamdani & Bistari (2018). Deskripsi Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Mts Negeri 1. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Volume 7 Nomor 9




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.8104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.