Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Kuadrat Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 1 Margasari Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Margasari semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Margasari pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap dan pada tahap pelaksanaan terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata keaktifan siswa sudah mencapai 66%, dan hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM ada 53% atau 17 siswa belum tuntas KKM dan 15 siswa yang tuntas KKM atau 47%. Hasil penelitian pada siklus II rata-rata keaktifan siswa kelas IX H pada siklus II adalah 78,75% dan hasil belajar mencapai 82% dengan siswa yang tuntas mencapain 29 siswa dan yang belum tuntas hanya 3 orang dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 90. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matematika pada materi persamaan kuadrat pada siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Margasari tahun pelajaran 2019/2020, maka peneliti menyarankan kepada para guru untuk menerapkan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak kanak. Jakarta.
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hudoyo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Isjhoni. (2009). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Jihad, A. dan Haris, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.
Johnson, D.W. & Johnson, R.T. (1991) Learning Together and Alone. Allin and Bacon: Massa Chussetts
Kurnia, I. (2018). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dwija Utama, Edisi Mei 2018.
Nazrudin. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Pada Siswa SMP. Makasar: Universitas Negeri Makasar.
Uzer, U. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i5.8328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.