Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier

Diah Ayu Larasati, Aryo Andri Nugroho, Rina Dwi Setyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah program linier.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa dengan kemampuan representasi matematis tinggi, sedang dan rendah. Siswa dipilih berdasarkan nilai hasil ulangan harian program linier, lalu diberikan tes pertama dan wawancara pertama. Selanjutnya subjek diberikan tes dan wawancara kedua dengan materi yang hampir sama dengan tes pertama untuk mengetahui subjek menjawab dengan konsisten. Teknik triangulasi menggunkan triangulasi waktu. Kemampuan representasi matematis siswa di deskripsikan dengan menguasai indikator kemampuan representasi visual (gambar/tabel), simbolik (persamaan atau ekspresi matematis), dan verbal (kata-kata dan teks tertulis). Hasil menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi dan sedang memenuhi semua indikator dengan baik dibanding dengan siswa berkemampuan representasi matematis rendah hanya memenuhi satu indikator.


Keywords


Kesulitan Belajar Matematika; Kemampuan Representasi Matematis; Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Anastasiadou, S. D. (2008). The Role of Representations in Solving Statistical Problems and the Ability of Fifth and Sixth Grade Students. International Journal of learning. 14(10), 125-135.

Aryanti, Devi, et al. “KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MENURUT TINGKAT KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DI SMP.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, vol. 2, no. 1, 2013, p. 216209.

Bagus, C. (2018). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran pada kelas VII-B MTs Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115-124.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Dapdiknas.

English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2002). Handbook of international research in mathematics education. Routledge.

Fadillah, S. (2012). Meningkatkan Self Esteem siswa SMP dalam Matematika melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan MIPA (Old), 13(1).

Huda, Ummul, et al. “ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA.” Ta’dib, vol. 22, no. 1, 2019, pp. 19–26.

Hutagaol, Kartini. “Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Infinity Journal, vol. 2, no. 1, 2013, pp. 85–99.

Irawati, Sri dan Sri Indriati Hasanah. 2016. “Representasi Mahasiswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Program Linier”. Inovasi, 18(1): 80-86.

Laila, Nur, et al. “KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), vol. 1, no. 3, 2018, pp. 395–400.

Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., & Widada, W. (2019). Analisis kesulitan representasi matematika siswa kelas VII sekolah menengah pertama pada materi sistem persamaan linier satu variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 202-210.

Sari, Hani Juita, et al. “ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI.” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), vol. 5, no. 2, 2020, pp. 56–66.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan Kesembilan Belas. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, Sulastri, et al. “Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik.” Beta Jurnal Tadris Matematika, vol. 10, no. 1, 2017, pp. 51–69.

Suryowati, E. (2015). Kesalahan Siswa Sekolah Dasar dalam Merepresentasikan Pecahan pada Garis Bilangan. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 38-52.

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.