Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Model TAPPS dan NHT Berbantuan Tournament-Question Cards Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP

Vivit Lailatul Qodriyah, Dina Prasetyowati, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TAPPS dan NHT berbatuan Tournament-Questin Cards terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 3 Demak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel dipilih secara acak dimana dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pemberian tes, dan dokumentasi. Instrumen berupa lembar observasi keaktifan siswa dan Post-test kemampuan pemecahan masalah matematika. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Post test Only Control Design. Berdasarkan hasil perhitungan uji anava, uji scheffe’ dan uji regresi linier sederhana, data menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran TAPPS berbatuan Tournament-Question Cards, model pembelajaran NHT berbatuan Tournament-Question Cards. 2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran TAPPS berbatuan Tournament-Question Cards lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran konvensional. 3) kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran NHT berbatuan Tournament-Question Cards lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran konvensional. 4) tidak ada perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran TAPPS berbatuan Tournament-Question Cards dengan model pembelajaran NHT berbatuan Tournament-Question Cards. 5) Ada pengaruh keaktifan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pemebelajaran TAPPS berbatuan Tournament-Question Cards dengan model pembelajaran NHT berbatuan Tournament-Question Cards.


Keywords


Model pembelajaran TAPPS; Model pembelajaran NHT; Kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Afifah, I. N., Sudargo, S., & Prasetyowati, D. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 157-163.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta : Rineka Cipta .

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 445-446.

Farida, Naufal. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Dan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbantuan Prezi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Semarang : UPGRIS

Hidayat, Edisut Taufik.,dkk (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Dan Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Operasi Aljabar Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.

Irham, M., & Zainuri. (2016). Efektivitas Pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research , 60-70.

Noviantii,E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMar), 1(1), 65-73.

Prasetyowati, D. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Humanistik dan Konstruktivisme dengan Pendekatan Savi (Somatic Auditory Visual Intellectual) Berbantu Cd Interaktif Materi Segi Empat Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 17-27.

Prasetyowati, D. (2015). Efektivitas Mobile Learning pada Mata Kuliah Geometri dengan Pendekatan Matematik Realistik Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1/Maret).

Purwosusilo, P. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran React (Studi Eksperimen Di SMK Negeri 52 Jakarta). Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 209674.

Rahmawati, I., Shodiqin, A., & Sugiyanti, S. (2018, September). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII. In SENATIK 2018.

Riansyah,M., & Hardianti, D., dkk. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal Of Research Mathematics Education, 81-89

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantutatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Viani, D. S., Bahar, A., & Elvinawati. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa MenggunakanMedia Chemopoly Game Dan Toyrnament Question Cards . Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia , 55 - 59.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.