Keefektifan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan E-Magazine Terhadap Kemampuan Berpikir Logis pada Siswa SMP

Tutik Noviasari, Ali Shodiqin, Ida Dwijayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah terdapat perbedaan rata-rata penggunaan model pembelajaran MMP dan RME berbantuan E-Magazine dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir logis siswa. (2) Apakah terdapat perbedaan rata-rata penggunaan model pembelajaran MMP berbantuan E-Magazine lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir logis siswa. (3) Apakah terdapat perbedaan rata-rata penggunaan model pembelajaran RME berbantuan E-Magazine lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir logis siswa. (4) Apakah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir logis siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran MMP dengan RME berbantuan E-Magazine. (5) Apakah kemampuan berpikir logis siswa pada penggunaan model pembelajaran MMP berbantuan E-Magazine mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal yang telah ditetapkan. (6) Apakah kemampuan berpikir logis siswa pada penggunaan model pembelajaran RME berbantuan E-Magazine mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal yang telah ditetapkan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Hasil analisis diperoleh bahwa ketiga kelas berdistribusi normal, homogen dan hipotesis 1 untuk anava diperoleh  >  yaitu 5,6616 > 3,146 artinya ada perbedaan rata-rata antara ketiga model pembelajaran. Pada hipotesis 2, 3 dan 4 diperoleh  >  yaitu 0,029 < 3,146 maka kemampuan berpikir logis kelas eksperimen 1 sama dengan kemampuan berpikir logis kelas eksperimen 2. Pada hipotesis 5 dan 6 diperoleh  >   yaitu 13,719 > 1,73 maka siswa kelas eksperimen 1 dan 2 tuntas secara individual, dikatakan tuntasan belajar klasikal sebesar 100%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran MMP dan RME berbantu E-Magazine lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir logis pada siswa SMP.

Keywords


Missouri Mathematics Project (MMP); Realistic Mathematics Education (RME); E-Magazine; Kemampuan berpikir logis

Full Text:

PDF

References


Agoestanto, Arief dan Soviana Nur Savitri. 2013. Keefektifan pembelajaran matematika mengacu pada missouri mathematics project terhadap kemampuan pemecahan masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26 Oktober 2013: 71-77

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Budiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Frudenthal, H. (1991). Revisiting Mathematics Education. China Lectures. Dordrecht: Kluwer

Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing Realistics Mathematics Education. Utrecht: CD-B press. Fruedenthal Institute.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia. Hosan, M.2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.

Jannah, dkk. 2013. Penerapan Model Missouri Mathematic Project (MMP) untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Siswa Pada Materi Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi. 1(1): 61-66.

Joyce Bruce, Weil Marsha, and Calhoun Emily. 2009. Models of Teching. New Jersey: Allyn & Bacon Publishing

Malik, Anas. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Sikap Positif Siswa Terhadap Matematika Melalui Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII MTs Surya Buana Malang.

Marliani, Novi. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Krearif Mmatematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).

Marliani, Novi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.

Ningsih, S, 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah.

Nurjannah, J. R., Sukarmin, Rahardjo, D. T., 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Pokok Dinamika Rotasi untuk SMA Kelas XI, 4(1):18-19.

Rusdiyana, ddk. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Media Permainan Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus.

Saragih, S. 2017. Menumbuhkembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif Tehadap Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik.

Sari, Tri Hariyati Nur Indah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa SMP.

Setyowati, E, dkk. 2016. Efektifitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Penerbit Alfabeta

Suhendri, Huri. 2010. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.

Sutarman, dkk. 2014. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Think Talk Write (TTW) Dan Missouri Mathematics Project (MMP) Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP NEGERI Di Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2012/2013




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.