Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Kecerdasan Emosional

Dewi Nurul Hikmah, Heni Purwati, Dhian Endahwuri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK ditinjau dari kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa SMK  kelas X yang telah terpilih yait kelas X TPMI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  angket untuk menentukan subjek yang akan digunakan dalam penelitian, tes dan wawancara digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis penelitian ini diuji keabsahan data kualitatif dengan menggunakan triangulasi sumber. Subjek penelitian ini meliputi enam siswa kelas X yaitu dua siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, dua siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang, dan dua siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kecerdasan emosinal tinggi mampu  memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melakukan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali pemecahan masalah. Siswa yang memiliki kecerdasan emosinal sedang cukup  mampu  memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melakukan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali pemecahan masalah. Sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan emosinal rendah mampu  memahami masalah, tetapi belum mampu  merencanakan pemecahan masalah, melakukan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali pemecahan masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tingkat kecerdasan emosional dalam siswa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Dan dengan adanya penelitian ini disarankan untuk guru melatih siswa dalam memahami karakteristik diri berdasarkan kecerdasan emosionalnya, sehingga mampu mengembangkan kemampuan  pemecahan masalah  matematis yang dimilikinya.


Keywords


Profil; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Kecerdasan Emosional Siswa

Full Text:

PDF

References


Efendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 13(2):1-10.

Golemon, D. (2015). Emotional Intelligence :Kecerdasan emosional mengapa EIlebih penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Islamiah, N., Widya, E. P., Padillah, A., dan Martin, B. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa Smp. Journal On Education. 1(1): 47-57.

Laksananti, P. M., Toro, B. S., dan Susi, S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Viii-D Smp Negeri 1 Sumbermalang. Kadikma, 8(1): 88-96.

Linola, D. Mei., Retno, M., dan Tri , C.W. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang. Mathematics Education Journal. 1(1): 27- 33.

Mahmudah dan Lestariningsih. (2015). Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Lingkaran Berdasarkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Edukasi. 1(1):124 -130.

Maliki, S. (2009). Manajemen Pribadi untuk Kesuksesan Hidup. Yogyakarta: Kertajaya.

Moleong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugandi, A.S. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.