Profil Tingkatan Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Gender

Taufik Yanuar, Dina Prasetyowati, Dhian Endahwuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan berpikir geometri siswa berdasarkan teori Van Hiele yang ditinjau dari gerder. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 56 siswa kelas VIII selanjutnya dipilih 2 siswa yaitu laki-laki dan perempuan disetiap tingkatan 1, tingkatan 2, dan tingkatan 3. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan Van Hiele Geometry Test, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil Van Hiele Geometry Test dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menenjukkan bahwa tingkatan geometri siswa secara keseluruhan yaitu 3,57% siswa berada di tingkatan 0, 53,57% siswa berada pada tingkatan 1, 37,5% berada ditingkatan 2, dan 5,36% siswa berada ditingkatan 3. Jika dilihat pada gender tingkatan 0 terdapat masing-masing 1 siswa laki-laki dan perempuan, tingkatan 1 diisi oleh 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan, tingkatan 2 terdapat 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan, dan tingkatan 3 terdapat 1 siswa laki-laki dan 2 siswa siswa perempuan. Siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki dalam tingkatan geometri.


Keywords


Tingkatan Berpikir; Teori Van Hiele; Gender

Full Text:

PDF

References


Afifuddin, A. S., & Budiarto, M. T. (2018). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. MATHEdunesa, 7(2), 221-224

Andriani, R. P., Jamiah, Y., & Bistari, B. Level Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Self Confidence di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1).

Author. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Retrieved Agustus 19, 2020, from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!daya_serap!99&99&999!T&03&T&T&1&!1!&

I. Ulyalina, E. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Self- Efficacy pada Pembelajaran Means-Ends Analysis berbasis Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education, 2.

Idris, M. (2018). Profil Pemecahan Masalah Bangun Datar Segitiga Ditinjau dari Level Perkembangan Berpikir Van Hiele Pada Siswa SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 242-257.

Jabar, A., & Noor, F. (2015). Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Antasari).

Khumayroh, A. A. (2020). Karakteristik Berpikir Geometri Siswa pada Tingkat Visulisasi, Analisis, dan Deduksi Informal Berdasarkan Teori Van Hiele. KadikmA, 10(3), 15-27.

Lestariyani, S., Ratu, N., & Yunianta, T. N. H. (2014). Identifikasi tahap berpikir geometri siswa smp negeri 2 ambarawa berdasarkan teori van hiele. Satya Widya, 30(2), 96-103.

Maharani, A., Sulaiman, H., Aminah, N., & Rosita, C. D. (2019, March). Analyzing the student’s cognitive abilities through the thinking levels of geometry van hiele reviewed from gender perspective. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1188, No. 1, p. 012066). IOP Publishing.

Martin, W. G. (2000). Principles and standards for school mathematics (Vol. 1). National Council of Teachers of.

Maryam, I. (2017). Analisis Tingkat Berpikir Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Gender. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 26(1).

Mujib, M., Hayati, P., & Widyastuti, R. (2017). Analisis Tingkat Keterampilan Geometri Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele Ditinjau dari Kecerdasan Spasial Tinggi Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bandar Lampung. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 151-163).

Mulyadi, I., & Muhtadi, D. (2019). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele ditinjau dari Gender. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 5(1), 1-8.

Musa, L. A. D. (2016). Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare-Pare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 103-116.

Nurani, I. F., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2016). Level Berpikir Geometri Van Hiele Berdasarkan Gender pada Siswa Kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 978-983.

Petrus, Z., Karmila, K., & Riady, A. (2017). Deskripsi Kemampuan Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Prasetyowati, D. (2013). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Humanistik dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan CD Interaktif Materi Segi Empat Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2/Septembe).

Putri, L. A., & Nopriana, T. (2019, October). Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele Mahasiswa Pendidikan Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, No. 1, pp. 156-165).

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.

Soenarjadi, G. (2020). Profil Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 78-91.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (1994). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Depdikbud.

Ulfa Sofyana, A. I. S. I. A. (2013). Profil keterampilan geometri siswa smp dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan level perkembangan berfikir Van Hiele. MATHEdunesa, 2(1).

Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. CDASSG Project.

Windasari, I. Y., Prasetyowati, D., & Shodiqin, A. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Teori Apos pada Materi Barisan Geometri di Kelas XI SMA Negeri 1 Godong. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 417-427.

Yuliana, D., & Ratu, N. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Visual Geometri Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Level Berpikir Analisis Van Hiele. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 536-549.

Yunianta, T. N. H., & Lusiyati, L. (2020). Identifikasi Keterampilan Geometri Siswa Laki-Laki dan Perempuan SMP Berdasarkan Tingkatan Van Hiele dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Satya Widya, 36(1), 45-55.

Yunianta, T. N. H., Pradhitya, R. F., & Ratu, N. (2017). Profil Berpikir Geometri Siswa Tunagrahita Berdasarkan Tingkatan Van Hiele di SMPLB Negeri Salatiga. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 85-93.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.