Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berupa Soal Cerita Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Gender

Alfiyan Nur Faiz Septian, Lilik Ariyanto, Dewi Wulandari

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam bidang pendidikan. Kemampuan matematika siswa dapat diketahui melalui pemberian soal dalam bentuk soal cerita. Namun kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal dalam bentuk soal cerita diketahui masih tinggi. Adanya kesulitan yang dialami siswa dapat menimbulkan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk itu dilakukan analisis untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan Newman’s Error Analysis yang ditinjau dari gender. Subjek penelitian berjumlah empat siswa masing-masing dua siswa untuk siswa laki-laki dan siswa perempuan dikelas VIII MTs Asy-Syarifah Mranggen melalui teknik pengumpulan data tes tertulis dan tes wawancara dari data yang diperoleh dilakukan analisis dengan tringulasi teknik untuk menemukan kesalahan siswa berdasarkan kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan pengodean. Hasil penelitian menunjukkan setiap subjek baik laki-laki maupun perempuan dalam menyelesaikan soal cerita banyak melakukan kesalahan. Subjek laki-laki melakukan kesalahan pada kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan transormasi, kesalahan keterampilan, dan kesalahan pengodean. Sedangkan untuk siswa perempuan melakukan kesalahan pada kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, dan kesalahan transformasi.


Keywords


Analisis Kesalahan; Newman’s Error Analysis (NEA); Soal Cerita; Gender

Full Text:

PDF

References


Ariawan, R. & Nufus, H., 2017. Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), p. 83.

Caplan Jeremy B,Paula J. Caplan. 2005. The PerseverativeSearch for Sex Differences in Mathematics Ability: New York. Cambridge University Press.

Farida, N., 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma, pp. 2-3.

Leahey Erin, Guang Guo. 2001. Gender Differences in Mathematical Trajectories.The University of North Carolina Press. 80(2)713-732.

Nafi'an, Muhammad Ilman.2011. Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gender di Sekolah Dasar Yogyakarta: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta 3 Desember 2011.

Parakitipong Natcha, Satoshi Nakamura.2006. Analysis Of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education.Vol 9,111-122

Rahmania, L. & Rahmawati, A., 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel, s.l.: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.

Rindyana, B. S. B. & Chandra, T. D., 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Artikel Ilmiah Universitas Negeri Malang,, pp. 1-2.

Saputri Risma. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria watson Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kleas VIII. Kamadikma. Vol 9,59-68.

Sholihah, M., 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VII MTs Laboratorium UIN-SU T.P 2017/2018, Medan: s.n.

Situmorang, E. M. C., 2017. Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii C Smp Maria Immaculata Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 Menyelesaikan Garis Dan Sudut Dilihat Dari Kategori Kemampuan Spasial Berdasarkan Gender , Yogyakarta: s.n.

Winarso Widodo, Toheri Toheri.2021. An Analysis of Students’ Error in Learning Mathematical Problem Solving: The Perspective of David Kolb’s Theory. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education.Vol.12 No.1 (139-150).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.8894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.