Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemandirian Belajar
Abstract
Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis profil atau gambaran mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang dapat ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VII Semester 2. Adapun penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu 3 siswa SMP Negeri 1 Tirto kelas VII D dengan kemandirian belajar kategori tinggi, sedang, dan rendah. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan dari teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner kemandirian belajar siswa, tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Kemampuan komunikasi matematis subjek KNN dengan kemandirian belajar kategori tinggi dapat memenuhi memenuhi semua indikator dari kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis subjek JLP dengan kemandirian belajar kategori sedang hanya memenuhi lima indikator yang ada dalam kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis subjek MF dengan kemandirian belajar kategori rendah hanya mendapatkan dua indikator dalam kemampuan komunikasi matematis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhal, I. & Refianti, R. (2018). Missauri Mathematics Project Berbasis Soal Open Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 135-143. DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.403
Chotimah,a S. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP di Kota Bandung dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educations pada Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9 (1), 26-32
Depdiknas.a (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta:Depdiknasa
Diandita, E.R., Johar, R., & Abidin, T.F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Metakognitif Siswa SMP pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2)
Haris, M. (2006). Belajar Mandiri. Surakarta, Indonesia: UNS Press.
Hartati, S., Ilham, A. & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 41-59. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.3354.41-60
Purnama, I.L. & Afriansyah, E.A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence dan Team Quiz STKIP. Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1), 27-43.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2012). Bahan Belajar Matakuliah Proses Berfikir Matematik. Bandung, Indonesia: Tidak diterbitkan.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Mosharafa, 5(2). ISSN 20864280.
Zanwail, & Aulia. F. (2019). Kategorisasi Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah. Educatio, 14(1), 6-63. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.9093
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.