Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Soal SPLDV Model PISA Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climbers
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan literasi matematis siswa kelas VIII dalam memecahkan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) model PISA yang ditinjau dari Adversity Quotient tipe climbers. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari dua siswa kelas VIII yang bertipe climbers. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket adversity response profile (ARP), tes tertulis dan wawancara, serta dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification yang berbantuan software QSR NVivo. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kedua subyek climbers mampu merumuskan masalah secara matematis; (2) kedua subyek climbers mampu menggunakan konsep, fakta, prosedur dan penalaran untuk memperoleh solusi; (3) kedua subyek climbers mampu menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil perhitungan. Sehingga, kedua subyek climbers mampu dalam proses tahapan literasi matematis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fauziyah. (2013). Proses berpikir kreatif siswa kelas X Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. Skripsi: Universitas Negeri Surakarta.
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Didaktik Matematika, 1(2), 30–42. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i2.2059.
Khanifah, K., Sutrisno, S., & Purwosetiyono, F.D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa Kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 37-48.
Kholid, M. N., & Yuhana, N. D. (2019). Metakognisi Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Analatik Ruang Ditinjau Dari Adversity Quotient. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (Snp2M), 178–179.
Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir, K., & Anggo, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5644.
Maspupah, A.,&Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan siswa MTs Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 04, No. 01, Mei 2020, pp. 237-246
Mawardhiyah, K., & Manoy, J.T. (2018). Literasi Matematika Siswa Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Programme for international student assesment (PISA) Berdasarkan Adversity Quotient (AQ). MATHEdunesa, 7(3), 638-643.
Muhtarom, M., Murtianto, Y.H., & Sutrisno (2017). Thingking Process of Students With High-Mathematics Ability (A Study on QSR NVivo 11-Assisted Data Analysis). International Journal of Applied Engineering Research, 12(17), 6934-6940.
Muna, I., & Mubarokah, L. (2014). Proses Berpikir Siswa Climber dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(2), 143–150.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 493–502. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n3_13.
Nada, A., Prayito, M., & Harun, L. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Kelas XI Menurut Langkah-Langkah John Dewey Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Campers. 2(2).
NCTM. (2014). Six Principles for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics, 1–6. http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/12752_exec_pssm.pdf.
Putrawangsa, M. S. & S. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 95. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.805.
Rahmawati., Mardiyana.,& Budi, U. (2015). Profil Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Yang Berkaitan Dengan Literasi Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.3, No.5, hal 508-517.
Rosita, D., & Rochmad. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari adversity quotient pada pembelajaran creative problem solving. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 5(2), 106–113. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer.
Sari. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720.
Setiawan. (2019). Kemampuan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Adversity Quotient Pada Siswa Kelas X. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Stoltz, Paul G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah hambatan menjadi peluang. Jakarta: Grasindo.
Supardi U.S. (2015). Pengaruh Adversity Qoutient terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.112.
Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.48.
Widyastuti, R., Usodo, B., & Riyadi. (2013). Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah- Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurmal Pembelajaran Matematika, 1(3), 239–249.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.9145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.