Profil Kemampuan Multi Representasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa dengan Gaya Belajar Kinestetik
Abstract
Representasi merupakan ungkapan dari gagasan-gagasan atau ide-ide matematis yang ditampilkan siswa dalam upaya mencari solusi dari masalah yang sedang dihadapinya sebagai hasil dari interpretasi pikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan multi representasi dalam menyelesaikan soal cerita pada siswa dengan gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket gaya belajar, tes representasi matematis, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIIIB MTs Abadiyah Gabus. Subjek penelitian yaitu 2 siswa terdiri dari 2 siswa gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahwa profil kemampuan multi representasi dalam menyelesaikan soal cerita pada siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menyelesaikan semua soal. Subjek dengan gaya belajar kinestetik kurang mampu menggunakan representasi grafik atau gambar. Pada tahap subjek mampu menuliskan langkah-langkah dengan menggunakan ekspresi matematis. Pada tahap representasi kata-kata subjek mampu menggunakan pada kesimpulan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica, 1(1).
Ayuningrum, E. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Trenggalek. Skripsi. Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung.
Deporter, B. (2010). Quantum teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas). Bandung: Penerbit Kaifa.
Hudoyo. (2001). Mengembangkan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UM Malang.
Mudzakkir, H. S. (2006). Strategi Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis. Pascasarjana UPI Bandung.
Nasution. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sinaga, G. F. M., Hartoyo, A., & Hamdani, H. (2015). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Fungsi Kuadrat di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(6).
Suryana, A. (2012). Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012, Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UNY.
Sutopo, H. B. (2002). Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9480
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.