Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis

Muhammad Ricky Ardiansyah, Intan Indiyati, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Menurut Fisher berpikir kritis adalah aktivitas (terampil), yang bisa dilakukan dengan lebih baik atau sebaliknya, dan pemikiran kritis yang baik akan memenuhi beragam standar intelektual, seperti kejelasan, relevansi, kecukupan, koherensi, dan lain-lain. Berpikir kritis menuntut interpretasi, evaluasi terhadap observasi, komunikasi, dan sumber-sumber informasi lainnya serta menuntut keterampilan dalam memikirkan asumsi-asumsi, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan serta memikirkan dan memperdepatkan isu-isu secara terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas X OTKP 1 SMP N 1 Kudus yang masing-masing memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang dan rendah. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen bantu yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan hasil tes kemampuan berpikir kritis dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi mampu memenuhi indikator interpretasi, analisis, strategi, inferensi, dan evaluasi pada indikator kemampuan berpikir kritis, (2) siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis sedang dapat memenuhi indikator interpretasi, analisis, dan inferensi pada indikator kemampuan berpikir kritis. Sedangkan untuk indikator strategi dan evaluasi subjek dengan kemampuan penalaran matematis sedang masih kurang memenuhi, dan (3) siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis rendah hanya mampu memenuhi indikator interpretasi dan inferensi pada indikator kemampuan berpikir kritis.

Keywords


Berpikir Kritis; Penalaran Matematis

Full Text:

PDF

References


Ardianingtyas, I. R., & Dwijayanti, I. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 401–408.

Arif, M., Hayudiyani, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1).

Aziz, N. H. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, (2016), 1–5.

Cysarah, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 7 Palembang. Journal of Mathematics Science and Education, 3(2), 52–64.

Daud, A., & Suharjana, A. (2010). Modul Matematika SMP Program Bermutu (Kajian Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SMP). Yogyakarta: PPPPTK Matematik.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Informal Logic, 6(2), 1–8.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1), 30–41.

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 1–13.

Indriani, L. F., Yuliani, A., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits of Mind Siswa SMP dalam Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 87-94.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325

Kusmanto, H. (2014). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika (Studi Kasus di Kelas VII SMP Wahid Hasyim Moga). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33.

Mirza, A., & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Selakau. Jurnal FKIP UNTAN, 1–13.

Nisa’, R. (2016). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Kemampuan Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 66–76.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155–158.

Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematia Peserta Didik SMK pada Materi Matriks. Pendidikan Tamnusai, 2(4), 793–801.

Peter, E. E. (2012). Critical Thinking: Essence for Teaching Mathematics and Mathematics Problem Solving Skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5(3), 39–43.

Pramuditya, L. C., & Nugroho, A. A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aljabar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 279–286.

Ramdani, Y. (2011). P-82 Enhancement of Mathematical Reasoning Ability at Senior High School by The Application of Learning with Open Ended Approach. “Building the Nation Character through Humanistic Mathematics Education”, 978–979.

Rohana, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105-119.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yuwono, A. (2010). Profil Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, 1–168.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.