Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Nilai Mutlak Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran E-learning di Masa Pandemi Covid-19

Monita Nursa Saputri, Rasiman Rasiman, Muhammad Saifuddin Zuhri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam penyelesaian masalah yang berkaitan dengan materi nilai mutlak pada pembelajaran e-learning di masa pandemi covid-19 ditinjau dari gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Mardisiswa Semarang tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dengan rincian 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung pada saat pengerjaan tes GEFT, tes pemahaman konsep dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes pemahaman konsep dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) subjek dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi seluruh indikator pemahaman konsep matematis pada sub materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel, (2) subjek dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi seluruh indikator pemahaman konsep matematis pada sub materi pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel, (3) subjek dengan gaya kognitif field dependent mampu memenuhi empat dari lima indikator pemahaman konsep matematis pada sub materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel, (4) subjek dengan gaya kognitif field dependent mampu memenuhi tiga dari lima indikator pemahaman konsep matematis pada sub materi pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel.


Keywords


Pemahaman Konsep Matematis; E-Learning; Gaya Kognitif

Full Text:

PDF

References


Alifah, N., & Aripin, U. (2018). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 505-512.

Annajmi, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 1-10.

Basir, M. A. (2015). Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106–114.

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K. K., Bhardwaj, A., Goyal, R. C., & Varghese, C. (2012). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Res. J. Ext. Edu, 12(3), 132–135.

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20.

Fatra, M. (2016). Implementasi Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Bahan Ajar Geometri Berbentuk Cerita. Penelitian Manajemen Pendidikan, 10(1), 110–121.

Sasongko, D. F., & Siswoyo, T. Y. E. (2013). Kreativitas Siswa dalam Pengajuan Soal Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field-Independent (FI) dan Field-Dependent (FD). MATHEdunesa, 2(1).

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102.

Hastuti, W. D. (2020). Membangun Motivasi dan Kemandirian Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Flipped Classroom di Masa New Normal Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG, 181–192.

Huda, S., Rinaldi, A., Suherman, S., Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetiyo, A. E. (2019). Understanding of Mathematical Concepts in The Linear Equation with Two Variables: Impact of E-Learning and Blended Learning Using Google Classroom. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261-270.

Kheirzadeh, S., & Kassaian, Z. (2011). Field-Dependence/Independence as a Factor Affecting Performance on Listening Comprehension Sub-skills: the Case of Iranian EFL Learners. Journal of Language Teaching and Research, 2(1), 188–195.

Kristanto, B. R., Kriswandani, & Ratu, N. (2016). Analisis Proses Berpikir dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Boyolali. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

López-Vargas, O., Ibáñez-Ibáñez, J., & Racines-Prada, O. (2017). Students’ Metacognition and Cognitive Style and Their Effect on Cognitive Load and Learning Achievement. Educational Technology and Society, 20(3), 145–157.

Lu, H.-K., & Lin, P.-C. (2018). A Study on The Effect of Cognitive Style in The Field of STEM on Collaborative Learning Outcome. International Journal of Information and Education Technology, 8(3), 194–198.

Marlisa, I., & Widjajanti, D. B. (2015). Pengaruh Strategi REACT Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar, dan Apresiasi Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 186-196.

Wicaksono, M. H., Sukriyah, D., & Kusumawati, I. B. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Nilai Mutlak Pada Siswa Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Sidoarjo: STKIP PGRI Sidoarjo.

Nila, K. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235.

Septiani, L., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Gaya Kognitif. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 28-41.

Setiani, L., & Agustini, K. (2017). Analisis Kecenderungan Gaya Kognitif Siswa dalam Pengembangan Dynamic Intelectual Learning (DIL). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI) Ke-8, 40-43.

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.

Usodo, B. (2011). Profil Intuisi Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independen. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNS 2011, 95–172.

Yasa, I. M. A., Sadra, I. W. & Suweken, G. (2013). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik dan Gaya Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika Ganesha, 2.

Yekti, S. M. P., Kusmayadi, T. A., & Riyadi, R. (2016). Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent - Field Independent. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 6(2), 178–192.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.