Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pengajuan dan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Multiple Solution Task (MST) Siswa Kelas X SMA

Bayu Ladayatmoko, Muhtarom Muhtarom, Intan Indianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mendiskripsikan kemampuan berpikir kreatif melalui pengajuan masalah dan penyelesaian masalah matematika berbasis multiple solution task (mst) siswa kelas X SMA. Subjek pada penelitian ini yaitu dengan kemampuan tinggi,sedang dan rendah. yang diambil dari kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Binangun. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk memperoleh data dilakukan tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan wawancara terhadap subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah Mukti Solution task bervariasi, dua siswa berada pada tingkat 4 (sangat kreatif), satu siswa berada pada tingkat 3 (kreatif), dan dua siswa berada pada tingkat 2 (cukup kreatif). Tingkat berpikir kreatif siswa dalam pengajuan masalah Multi Soluton Task adalah satu siswa dengan tigkat berpikir 3 (kreatif) siswa berada pada tingkat 2 (cukup kreatif), sedangkansatu siswa lain tidak memiliki kemampuan berpikir kreatif.


Keywords


Pengajuan Masalah; Penyelesaian Masalah; Berpikir Kreatif Matematis

Full Text:

PDF

References


Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Jurnal Edumatika, 1(2), 35-41.

Anwar, M.N., & Aness, M. (2012). An Examination of the Relationship between Creative Thinking and Academic Achievements of Secondary School Students.International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 44-47.

Asih, T. S. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Segi Empat Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Klaten. [Skripsi]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Awang, H., & Ramly (2008). Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice in The Engineering Classroom. International journal of human and social sciences, 3(1), 18-23

Azhari & Somakim. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-10.

Chasanah, F. (2009). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Terbuka (Open Ended) di Kelas VIII SMP Negeri 35 Surabaya. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

Easty, K. (2015). Kreativitas Siswa SMP dalam Pemecahan dan Pengajuan Masalah Matematika Berdasarkan Open Ended Problem Picture Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal APOTEMA, 1(2), 36-46.

Huda, U. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Habits of Thinking Independently (HTI) Siswa melalui Pendekatan Open-Ended dengan Setting Kooperatif. Tesis, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Kadikma. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Soal Model PISA Fokus Konten Quantity Berdasarkan Kearifan Lokal. Jurnal Edukasi Universitas Jember, 8(1), 1-10.

Krestiwi, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menumbuhkan Metakognisi dan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VII MTsN Jakarta. Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 245-252.

Kurniawati, E.Y., Dafik, dan Fatahillah, A. (2016). Analisis Pola Berpikir Kreatif Siswa Kelas X IPA 2 SMAN 2 Jember dalam Memecahkan Masalah Open Ended Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Edukasi Universitas Jember, 3(1).

Mahmudi, A. (2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang diselenggarakan Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta.

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1).

Mursidik, E. dkk. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4(1).

Mustikasari, Zulkardi, & Nyimas, A. (2010). Pengembangan Soal-Soal Open Ended Pokok Bahasan Bilangan Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45-60.

Mualifah A.N. & Lukito, A. (2014). Profil Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Open Ended ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 3(3).

Setyaningrum, N.R. (2017). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Bilangan Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 3 Sawit Tahun Pelajaran 2016/2017 [skripsi]. Surakarta (ID). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurlita, M. (2015). Pengembangan Soal Terbuka (Open-ended problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 38-49.

Palengka, I. & Arsyad, N. (2016). Comparison of Mathematics Learning Result of Student Taught by Employing Scientific Approach, Problem Posing, And Open Ended in Problem Based Learning Model in Class X at SMAN 2 Makale. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 143-156.

Purwaningrum, J.P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika, 1(2), 145-156.

Sabar, M.N. (2017). Effectiveness of Problem Based Learning Model (PBL) Setting Open Ended Approach In Mathematics Learning. Jurnal Daya Matematis, 5(3), 419-427.

Santoso, H.R.W. (2015). Deskripsi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) pada Materi Segi Empat Siswa kelas VI SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana.

Sari, I.M., Sumiati, E. & Siahaan, P. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). JPMIPA, 18(1), 60-62

Siwi, F., & Novisita, R. (2018). Profil Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Open-Ended Berdasarkan Teori Wallas. Jurnal Mosharafa, 7(1), 39-50




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.