Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Ukuran Penyebaran Data Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Berdasarkan Teori APOS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui macam-macam gaya belajar siswa kelas XII di SMA N 14 Semarang dalam proses belajar mengajar dengan pembahasan materi ukuran penyebaran data dan mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa kelas XII di SMA N 14 Semarang mengenai konsep pemahaman materi ukuran penyebaran data berdasarkan Teori APOS, sedangkan sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII, dengan jumlah anak yang telah dipilihkan dari guru-guru yang mengajar mata pelajaran matematika di SMA N 14 Semarang. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dari angket, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data ada beberapa langkah yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) dalam subjek penelitian yang di teliti didapatkan hasil gaya belajar dengan 48% siswa dengan gaya belajar visual, 22% siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 30% siswa dengan gaya belajar kinestetik. (2) Dapat dikatakan bahwa siswa dengan gaya belajar visual sudah memiliki pemahaman konsep yang baik dalam tahap skema dikarenakan siswa yang memiliki gaya belajar visual tidak mudah terdistraksi dengan keramaian. Siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki pemahaman konsep yang cukup dalam tahap aksi dikarenakan siswa memiliki gaya belajar auditorial membutuhkan ketenangan suara serta cenderung sering melakukan diskusi. Siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memiliki pemahaman konsep yang sudah baik dalam tahap proses, dikarenakan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik cenderung, harus mempraktikkannya kembali ,melakukan eksperimen dari materi yang diberikan oleh guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, A. & Leonard, L. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102-110.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Deporter, B. (2011). Quantum Learning. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Deporter, B. (2010). Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Dubinsky, E. (2000). Using a Theory of Learning in College Mathematics Course. (Online), http:/www.telri ac.uk/ (diakses 20 Maret 2020).
Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235.
Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Theorems, 2 (2), 1-12.
Kilpatrick, J. S. (2001). Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press.
McDonal, D. E. (2001). APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research. (Online), http://trident.msc.kent.edu/~edd/ICMIPaper.pdf (diakses 20 Maret 2020).
Miles, M. H. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif.Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Danaryanti, A. & Noviani, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMP. Edu-Math: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 204-212.
Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, N. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi, E. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Subini, N. (2011). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Bandung: Alfabeta.
Supardi., L. D. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika, dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, 29(3): 341 –352.
Uno., H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Wahyuni, A. (2017). Korelasi Antara Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(1).
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9850
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.