Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP PGRI 01 Semarang tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes, wawancara dan dilengkapi dengan dokumentasi sehingga semua kegiatan dapat terekam dengan baik. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi tiga dari enam indikator berpikir kritis yaitu Reason, Situation, dan Overview, (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi empat dari enam indikator berpikir kritis yaitu Focus, Reason, Situation, dan Overview, dan (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, and Overview).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DePorter, B. & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.
Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi Lingkaran dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(6), 371–378.
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critcal Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Emeritus Proffesor, University of Illinois.
Kemendikbud. (2013). Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 175–179.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musyawaroh, S. A. (2018). Profil Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi. Universitas PGRI Semarang.
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Putri, W. A. 2013. Pengaruh Gaya Belajar Siswa (Visual, Kinestetik, dan Auditorial) Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.
Rasiman. (2013). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Disertasi. Universitas Negeri Surabaya.
Rokimah, S. & Rejeki, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar pada Pembelajaran dengan Model 4K. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 1–13.
Setyaningrum, D. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Teori Schoenfeld pada Kelas VIIIA Materi Bangun Datar Prisma SMP N 1 Wedung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. SENATIK 2016, 335-343.
Suriadi. (2006). Pembelajaran dengan Pendekatan Discovery yang Menekankan Aspek Analogi untuk Meningkatkkan Pemahaman Matematik dan kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wawan, W., Thalib, A., & Djam'an, N. (2017). Analisis Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. IMED: Issues in Mathematic Education, 1(2), 101-106.
Wijaya, T. T, Dewi, N. S. C., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 19–28.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9857
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.