Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa UPGRIS Calon Guru Matematika Ditinjau dari Multiple Intelligences

Ahmad Alfanio Raga Alwi, Muhtarom Muhtarom, Yanuar Hery Murtianto

Abstract


Berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir matematis yang meliputi aspek kelancaran, kelenturan, keaslian dan keterperincian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa calon guru matematika ditinjau dari multiple intelligences. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diambil adalah 2 mahasiswa pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang semester 6 tahun ajaran 2020/2021 yang mempunyai multiple intelligences. Jenis kecerdasan dalam penelitian ini adalah kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan verbal-linguistik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan secara online yaitu dengan tes tertulis dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis dengan tes wawancara. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis dengan memperhatikan multiple intelligences yang dimiliki oleh subjek. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Subjek dengan kecerdasan logis-matematis tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yang digunakan diantaranya fluency, flexibility, originality dan elaboration; (2) Subjek dengan kecerdasan verbal-linguistik tinggi tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yang digunakan yaitu pada aspek originality.


Keywords


Berpikir Kreatif Matematis; Kecerdasan Ganda

Full Text:

PDF

References


Budiarti, V., & Lestariningsih, L. (2018). Profil Penyelesaian Soal Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 273–284.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91–99.

Fauziah, L. R., Shodiqin, A., & Muhtarom, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle dan Probing Prompting berbantuan Puzzle terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 317–322.

Fitriarosah, N. (2016). Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 243–250.

Gardner. (2013). Multiple Intelligencess ( Teori dalam Praktik). Jakarta: Interaksara.

Hidayah, N. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Creative Problem Solving Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Murtafiah, W. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Mengajukan Masalah Persamaan Diferensial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 73–81.

Pratiwi, G. D., & Harun, L. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar Kategori Tinggi. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 78–87.

Purnomo, D. J., Asikin, M., & Junaedi, I. (2015). Tingkat Berpikir Kreatif pada Geometri Siswa Kelas Vii Ditinjau dari Gaya Kognitif dalam Setting Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 109-115.

Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 166–183.

Ridwan, M. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 193-206.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185.

Siswono, T. Y. E. (2011). Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Reviews, 6(7), 548–553.

Sujarwo. (2013). Proses Berpikir Siswa SMK dengan Kecerdasan Linguistik. Logika Matematika, dan Visual Spasial dalam Memecahkan Masalah Matematika. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 3, 1–13.

Ulfa, M. (2019). Profil Berpikir Kreatif Siswa Berkecerdasan Linguistik dan Siswa Berkecerdasan Logis-Matematis SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 14–20.

Yaumi, M. & Ibrahim, N. (2013). Kecerdasan Jamak ( Multiple Intelligencess) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Yuliati, F. A., Murtianto, Y. H., & Nursyahidah, F. (2021). Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Spasial dan Kemampuan Logis Matematis. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(5), 418–427.

Yunita, N. W., Hobri, H., Oktavianingtyas, E., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study for Learning Community Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Kadikma, 9, 1–10.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.9913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.
slot gacor slot