Rekonstruksi Langkah Penyelesaian Pertidaksamaan Kuadrat Berbantuan Aljabar

Dzulfiqar Satria Waliyuddin, Hanif Abdul Karim Afandi, Muhammad Akmal Fathin

Abstract


Kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan pertidaksamaan kuadrat salah satunya disebabkan oleh miskonsepsi dalam mengaplikasikan langkah-langkah penyelesaian. Hal tersebut dapat dilihat dari kesalahan-kesalahan yang ditunjukan oleh siswa ketika menyelesaikan permasalahan pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan langkah-langkah penyelesaian yang dicontohkan oleh text book atau modul belajar siswa. Definisi umum dari langkah-langkah penyelesaian adalah urutan langkah-langkah logis untuk memecahkan penyelesaian dari suatu masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Oleh karena itu, kesulitan-kesulitan siswa dalam mengerjakan soal pertidaksamaan kuadrat dapat diatasi dengan langkah sistematis dan jelas. Penelitian ini dilakukan untuk merekonstruksi ulang langkah-langkah penyelesaian pertidaksamaan kuadrat. Proses penyusunan ulang dilakukan berdasarkan studi literatur yang dilakukan oleh peneliti. Selanjutnya berdasarkan informas-informasi yang diperoleh, peneliti merekonstruksi ulang langkah penyelesaian pertidaksamaan kuadrat sehingga diperoleh langkah-langkah yang sistematis dan logis.


Keywords


pertidaksamaan kuadrat, langkah-langkah penyelesaian, matematika

Full Text:

PDF

References


Arianti, Sri (2009) Identifikasi Kesulitan Menyelesaikan Pertidaksamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas X MAN 2 Amuntai Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

Djohan, Warsoma. (2010). Diktat Kalkulus I. Departemen Matematika Fakultas MIPA. Institut Teknologi Bandung.

Fitriyani, K. (2009). Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Matematika Bentuk Uraian pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Guntur (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Hasbi, M., & Lefrida, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Pertidaksamaan Kuadrat Di Kelas Xb Sma Gkst Imanuel Palu. Aksioma, 7(2), 216-229

Jamal, F. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2). 41-51.

Mahmood, Munir, Rudaina Al-Mirbati. 2020. An algebraic approach for solving quadratic inequalities. Australian Senior Mathematics Journal. 31(2). 31-41.

Purcell, E. J., Varberg, D., & Rigdon, S. E. (2004). Kalkulus, jilid 1. Jakarta. Penerbit Erlangga. Rahayu (2019). Peran Pendidikan Matematika Di Era Globalisasi. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/801/685 [19 Mei 2021]

Rachmayani, D. (2015). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Kominikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa (Doctoral dissertation, UNPAS).

Sarlina, S. (2015). Miskonsepsi Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(2), 194-209.

Satiti, W. S., & Perdani, D. A. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pertidaksamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas X MA. JoEMS (Journal of Education and Management Studies). 2(5). 59-64.

Sarlina. 2015. Miskonsepsi Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 Sma Negeri 11 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran. 3(2). 194-209.

Sukino,(2016). Matematika Jilid 1A untuk SMA/MA Kelas X Semester 1 Kelompok Wajib. Jakarta : Erlangga.

Tamba, K. P., & Siahaan, M. M. L. (2020). Pembuat nol sebagai hambatan didaktis dalam pertidaksamaan kuadrat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 292-307.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.9930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.