SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA BOGOHARJO DENGAN METODE DEVOPS

nurul afifah muthoharoh, Achmad Buchori, Wijayanto Wijayanto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan unit usaha di BUMDes Bogoharjo yang masih dilakukan manual dengan cara menulis data melalui kertas atau buku catatan yang dimana setiap unit usaha dikelola oleh orang yang berbeda sehingga menyebabkan pengelola BUMDes menjadi kesulitan dalam mensinkronkan data dari berbagai unit usaha. Pemanfaatan teknologi informasi ini dapat digunakan untuk membantu pengelola unit usaha BUMDes dalam pengelolaan data ataupun  memberikan informasi terkait dari BUMDes itu sendiri. Sehingga, dikembangkan “Sistem Informasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Bogoharjo dengan Metode DevOps”.  Tujuan dari penelitian ini membangun Sistem Informasi Pengelolaan Unit Usaha Badan Usaha Milik Desa  (BUMDes) Bogoharjo untuk mempermudah pengelola BUMDes dalam mengelola unit usaha dan memberikan layanan yang tersedia kepada masyarakat secara online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode DevOps dengan tahapan plan, code, build, test,  release, deploy, operate, dan Monitor. Adapun perancangan sistem menggunakan UML (Unifed Modeling System) yaitu flowchart, use case diagram, activity diagram, class diagram, dan sequence diagaram. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi ahli  dengan rata-rata persentase oleh validasi ahli konten sebesar 89% dan validasi ahli media sebesar 84% sehingga Sistem Informasi Pengelolaan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di Desa Bogoharjo dengan Metode DevOps sangat layak digunakan. Sedangkan hasil dari uji coba kepraktisan menggunakan 25 responden nenghasilkan rata-rata persentase 89% dengan kategori sangat praktis. Sehingga, Sistem Informasi Pengelolaan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di Desa Bogoharjo dengan Metode DevOps sangat praktis digunakan.


Keywords


Sistem Informasi; Pengelolaan; BUMDes; Unit Usaha; DevOps;

Full Text:

PDF

References


Abd. Fattah, Massikki, & Jumadi M Parenreng. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Milik Desa (BUMDes) Di Desa Baru, Polewali Mandar. Information Technology Education Journal, 1(3), 17–22.

Gulo, M. J., & Simanjuntak, P. (2021). Analisis Penerapan Metode Devops Pada Aplikasi Restoran Berbasis Android. Jurnal Comasie, 4(3), 77–86.

Rukoyah, A. System Development Life Cycle. Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Rsud Soreang, 869–874.

Sufi, S., & Sos, M. A. (2021). Sistem Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Pembangunan Tambak Milik Desa (Studi Desa Lhok Euncien Kecamatan Baktiya Barat). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 04(01), 46–58.

Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.

Taryana, A., Fadli, A., Murdyantoro, E., & Nurshiami, S. (2021). DevOps Approach Embraces Forward and Reverse Engineering. IJAIT (International Journal of Applied Information Technology), 103–116.

Wibowo, A., Buchori, A., & Wardani, T. I. (2020). PEMGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN BATIK PEKALONGAN BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL. JIPETIK: Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer, 1(2), 17–22.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v5i1.15864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.















JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :

    


Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)