PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SMK

Ahmad Nurul Anwar Maulana, Arif Wibisono, Achmad Buchori

Abstract


Media pembelajaran merupakan terobosan baru pada dunia teknologi yang mampu menjadikan pembelajaran dikelas semakin lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan serta dapat membuat peningkatan pada motivasi belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Aplikasi berbasis android pada materi sejarah Indonesia untuk siswa SMK kelas 10 TKJ. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kelayakan Aplikasi yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Jenis penelitian ini merupakan peneltian dan pengembangan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu: analisis (analysis), desain produk (design), pengembangan produk, (development), uji coba produk (implementation) dan evaluasi (evaluation). Instrument yang digunakan berupa lembar uji validitas, angket uji kepraktisan dan posttest. Lembar uji kevalidan bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, uji kepraktisan bertujuan untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan posttest bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan. Hasil penelitian menunjukan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan (1) aspek kevalidan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata persentase validator sebesar91,66%, (2) aspek keefektifan memenuhi kriteria dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 72,50%, (3) aspek kepraktisan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata total angket respon siwa sebesar 87%

Keywords


media pembelajaran interaktif, berbasis android, pendekatan kontekstual

Full Text:

PDF

References


Cholik, C. A. (2017). ​PEMANFAATAN TEKNOLOGI ​INFORMASI DAN KOMUNIKASI ​UNTUK MENINGKATKAN ​PENDIDIKAN DI INDONESIA. 2(6), 111.

​​Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). ​​Pemanfaatan Teknologi dalam Proses ​Pembelajaran Menuju Pembelajaran ​Abad 21. Prosiding Seminar ​Nasional Pendidikan Program ​Pascasarjana Universitas PGRI ​Palembang, 125–129. ​https://jurnal.univpgri-​palembang.ac.id/index.php/Prosiding​pps/article/view/2977/2799

​​Harisman. (2017). Edisi Juni 2017 ​Volume X No. 2 ISSN 1979-8911. ​Istek, X(2), 52–67.

​​Kadir, A. (n.d.). Konsep ​pembelajaran kontekstual di sekolah. ​13(3), 17–38.

​​Permatasari, W. B., Nurtamam, M. ​E., & Wulandar, R. (2018). ​Pengembangan Media Pembelajaran ​Jam Sudut Elektrik Untuk Siswa ​Kelas IV SD Negeri Pangeranan 3 ​Bangkalan. Widyagogik, 6(1), 73–79.

​​Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh ​E-Learning sebagai Salah Satu Media ​Pembelajaran Berbasis Teknologi ​Informasi Terhadap Motivasi Belajar ​Mahasiswa. Jurnal Sistem Dan ​Informatika (JSI), 13(1), 1–5. ​https://jsi.stikom-​bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/1​85

​​Yeritia, S., Wahyudi, W., & Rahayu, ​S. (2017). Pengaruh Model ​Pembelajaran Inkuiri Terbimbing ​Terhadap Penguasaan Konsep Dan ​Kemampuan Berpikir Kritis Fisika ​Peserta Didik Kelas X SMAN 1 ​Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. ​Jurnal Pendidikan Fisika Dan ​Teknologi, 3(2), 181–187. h​ttps://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.398




DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v4i2.16505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :

    


Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)