PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI DESAIN GRAFIS BERBASIS APLIKASI MOBILE ANDROID MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO

Mohammad Zaki Zaidan, Supandi Supandi, Andi Priyolistiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi Desain Grafis berbasis aplikasi mobile Android menggunakan Android Studio. Tujuan utama penelitian adalah (1) mengeksplorasi proses pengembangan media pembelajaran Desain Multimedia dengan fokus pada implementasi Android Studio dalam pembelajaran kelas, dan (2) menilai kelayakan media pembelajaran tersebut bagi siswa. Proses pengembangan melibatkan tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi, dan revisi. Android Studio digunakan sebagai alat utama untuk menghasilkan aplikasi mobile Android yang mendukung pembelajaran Desain Grafis. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi pembelajaran desain grafis dianggap layak setelah dinilai oleh ahli media dan materi. Kedua ahli memberikan nilai "Layak" dengan persentase 71% dan 75%. Uji coba dilakukan dengan melibatkan 30 siswa responden, yang menunjukkan nilai keseluruhan sebesar 81,4%, termasuk dalam kriteria "Sangat Layak". Hasil ini menunjukan bahwa media pembelajaran Desain Multimedia berbasis Android Studio dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas.


Keywords


: Pengembangan Media Pembelajaran, Desain Grafis, Android Studio, Aplikasi Mobile Android

Full Text:

PDF

References


Aris Sudianto and Lalu Muhammad Samsu (2019) ‘Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android Untuk Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Ketangga Sebagai Upaya Untuk Peningkatkan Minat Belajar Siswa’.

Taufan Anwari, Ali Shodiqin dan Andi Priyolistiyanto (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pemrograman Dasar Pascal’

Yunus, Y. and Fransisca, M. (2020) ‘Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan’, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), pp. 118–127.

(2020) ‘Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X’, Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 6(2), pp. 78–84.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v5i1.18016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.















JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :

    


Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)