IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA DALAM MENENTUKAN RUTE TERPENDEK MENUJU MUSEUM DI JAKART

Jonathan Adriano Pane, Ida Fitriani, Mei Lestari

Abstract


Sekarang ini, permasalahan menemukan jalur terpendek serta menghemat waktu menjadi sangat penting dalam dinamika masyarakat perkotaan. Banyaknya rute yang ditempuh juga menjadi masalah untuk mencapai tujuan. Sistem ini akan menentukan titik mana yang harus dilalui untuk mencapai tujuan dengan jarak terpendek dan waktu paling optimal menggunakan algoritma Dijkstra. Menemukan jalur terpendek merupakan masalah optimisasi. Nilai pada sisi graph dapat diwakili oleh jarak antar kota. Lintasan terpendek dapat dipahami sebagai proses meminimalkan bobot lintasan. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu simulasi yang dapat membantu menentukan jalur terpendek. Menggunakan algoritma Dijkstra, dihitung jarak terpendek dari suatu titik ke museum yang dipilih sebagai tujuan. Aplikasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan rute menuju museum berdasarkan jarak terpendek di kota Jakarta. Algoritma Dijkstra juga dapat dianggap sebagai algoritma Greedy yang dalam pembahasan ini dapat memungkinkan kita untuk menemukan jalur terpendek dengan lebih mudah dan efisien.

Keywords


Rute Terpendek, Algoritma Dijkstra, Aplikasi Pencarian, Shortest Path.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, R. (2021). Pemodelan Uml Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta. Jurnal Fasilkom, 11(2), 79–86. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2673

Asmara, D. (2019). Peran Museum dalam

Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal

Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-

Humaniora, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i1.7

Cantona, A., Fauziah, F., & Winarsih, W. (2020). Implementasi Algoritma

Dijkstra Pada Pencarian Rute

Terpendek ke Museum di Jakarta.

Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 6(1), 27–34. https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.3837

Fitria, & Triansyah, A. (2013). Implementasi

Algoritma Dijkstra Dalam Aplikasi

Untuk Menentukan Lintasan Terpendek Jalan Darat Antar Kota Di Sumatera Bagian Selatan. Jurnal Sistem

Informasi (JIS), 5(2), 611–621. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/

article/download/840/430

Harahap, M. K., & Khairina, N. (2017).

Pencarian Jalur Terpendek dengan

Algoritma Dijkstra. SinkrOn, 2(2), 18. https://doi.org/10.33395/sinkron.v2i2.6

Nuuryagandhi, R. F. (2016). Implementasi

Algoritma Dijkstra Untuk Objek Wisata di Kabupaten Pati. https://lib.unnes.ac.id/27930/

Setiawan, J., Prakoso, R. S., Suryaningrum, K. M., Universitas, M., Mulia, B.,

Universitas, D., Mulia, B., Raya, J. L., Rw, R. T., Pademangan, K., & Utara, K. J. (2019). Perbelanjaan Di Jakarta

Menggunakan Algoritma Dijkstra.

(3), 156–165.

Soejatmi, S. (2015). PENATAAN BENDA KOLEKSI MUSEUM TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI MUSEUM WAYANG DAN MUSEUM SEJARAH JAKARTA KAWASAN KOTA TUA JAKARTA Boby. 4(1).

Sugianti, N., Mardhiyah, A., & Fadilah, N.

R. (2020). Komparasi Kinerja

Algoritma BFS, Dijkstra, Greedy BFS, dan A* dalam Melakukan Pathfinding. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 5(3), 194–204. https://doi.org/10.14421/jiska.2020.53-




DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v5i1.18583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.















JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :

    


Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)