PERANCANGAN SISTEM APLIKASI WISATA DI KABUPATEN BLORA MENGGUNAKAN VIRTUAL TOUR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya wisata yang ada di Blora belum mendapatkan perhatian dari warganya sendiri. Belum banyak menemukan ulasan di internet yang menceritakan tentang objek-objek wisata yang ada di Blora. Kurangnya promosi menggunakan media sosial menjadi salah satu penyebab wisata-wisata Blora kurang dilirik dan diminati oleh masyarakat. Teknologi yang saat ini berkembang dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam pembuatan aplikasi wisata misalnya dengan membuat aplikasi virtual tour. Maka dikembangkan aplikasi wisata Blora menggunakan virtual tour. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi wisata Blora menggunakan virtual tour yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam mengenalkan wisata Blora kepada masyarakat luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall dengan tahapan Requimenets Definition, System and Software Design, Implementation and Unit Testing, Integration and System Testing, dan Operation and Maintenance. Desain sistem meliputi user interface dan UML (Unifed Modeling System). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli dengan rata-rata presentase oleh ahli media sebesar 86% yang artinya sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi wisata Blora valid. Hasil uji keparaktisan dengan rata-rata presentase sebesar 89,20% yang artinya sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi wisata Blora praktis digunakan. Hasil uji keefektifan dengan menggunakan rumus IKP diperoleh sebesar 89,48% yang artinya sangat puas sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi wisata Blora efektif digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kowi, Ribka, and Tri Wahyu Widyaningsih. 2017. “Indonesian Learning Culture Based On Android.” Internasional Journal New Media Technol IV(2): 69–130.
Suryanto, Agus & Diah Ayu K. 2017. “Developing A Virtual Reality Application Of The Lawang Sewu Building As Educational Media For The Subject Of History.” Jurnal Pendidikan Teknolologi dan Kejuruan 4(4): 362–368.
Riyadi, Firman Setiawan. 2017. “Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Politeknik Negeri Indramayu Berbasis Mobile.” Jurnal Informormatika dan Komputer 2(2): 75–82.
Lasabuda, Badzlina K et al. 2019 “Virtual Tour Pengenalan Teluk Labuan Uki di Kabupaten Bolaang Mongondow” Jurnal Teknik Informormatika 14(1): 129–134.
Bakre, Namrata, Aditi Deshmukh and Prof. Yogesh Doulatramani Pavitra Sapaliga. 2017. “Campus Virtual Tour.” Internasional Journal of Advenced Research Compututer Engineering Technology (IJARCET) 6(4): 444–448.
Fitri, Mega Orina. 2016. “Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Berbasis Android.” Jurnal Informatika Sains dan Teknologi 1(1).
Wulur, Hera Wulanratu, Steven Sentinuwo, and Brave Sugiarso. 2015. “Aplikasi Virtual tour Tempat Wisata Alam di Sulawesi Utara,” Jurnal Teknik Informatika 6(1): 1–6.
Famukhit, Muga Linggar. 2013. “Interactive Application Development Policy Object 3D Virtual Tour History Pacitan District based Multimedia.” Internasioanal Journal Advenced Computer Sains dan Application International (IJACSA) 4(3): 15–19.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sommerville, Ian. 2011. SOFTWARE ENGINEERING Ninth Editon ed. Marcia Horton. United States of America: Addision-Wesley.
Waraney, Sumayku P F, Virginia Tulenan, and Alicia A. E. Sinsuw. 2017. “Pengembangan Virtual Tour Potensi Wisata Baru Di Sulawesi Utara Menggunakan Teknologi Video 360 Derajat,” E - Journal Teknik Informatika 12(1): 1–8.
Osman, Aznoora, NA Wahab, and MH Ismail. 2009. “Development and Evaluation of an Interactive 360 Virtual Tour for Tourist Destinations.” Journal of Information Technology Impact 9(3): 173–182.
Umafagur, Fadli, Steven R. Sentinuwo, and Brave A. Sugiarso. 2016. “Implementasi Virtual Tour Sebagai Media Informasi Daerah (Studi Kasus : Kota Manado),” Jurnal Teknik Informatika 9(1): 1–8.
Sambhanthan, A, and Good A. 2013. “A Virtual World Model to Enhance Tourism Destination Accessibility in Developing Countries,” Internasioanal Journal of Intellegent Collaborative Enterprice 3(4).
DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v1i1.6242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :
Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)