PERANAN PEMAHAMAN PETUNJUK OPERASIONAL DALAM MOTHERBOARD KOMPUTER DAN KESERINGAN BERLATIH TERHADAP KEMAMPUAN MERAKIT MOTHERBOARD KOMPUTER

Theodora Indriati Wardani, Arif Wibisono

Abstract


Peranan Pemahaman Petunjuk Operasional Dalam Motherboard Komputer Dan Keseringan Berlatih Terhadap Kemampuan Merakit Motherboard Komputer

 

Mata kuliah mikroprosesor terdiri atas teori dan praktek. Jadi, mahasiswa harus menguasai teori sebelum mereka berpraktek. Teori ini diperoleh mahasiswa dari kuliah dilengkapi petunjuk tentang mikroprosesor. Di dalam mikroprosesor terdapat petunjuk pengoperasian berbahasa Inggris. Jadi, untuk bisa merakit motherboard, mahasiswa harus bisa memahami petunjuk berbahasa Inggris. Dengan memahami petunjuk itu diharapkan mahasiswa bisa berpraktek mengoperasikan motherboard untuk memproduk sesuatu yang  berupa motherboard. Untuk sampai kepada keterampilan itu, mahasiswa perlu berlatih. Masalahnya ialah variabel mana yang lebih signifikan menentukan keterampilan merakit motherboard, kemampuan memahami petunjuk berbahasa Inggris dalam sistem motherboard tentang pengoperasian motherboard atau keseringan berlatih. Untuk memecahkan masalah itu dilakukan penelitian ex post facto di Universitas PGRI Semarang, khususnya mahasiswa jurusan S1 Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas PMIPATI semester 5 yang sedang menempuh mata kuliah mikroprosesor. Mereka terdapat 2 kelas, setiap kelas rata-rata 57 orang mahasiswa. Untuk sasaran penelitian ini diambil 38 mahasiswa dari 3 kelompok multimedia, rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, sehingga jumlah mereka 114 orang. Dalam penelitian ini ada 3 jenis data, yaitu: (1) data tentang kemampuan memahami petunjuk operasional berbahasa Inggris yang ada dalam motherboard, (2) data tentang keseringan berlatih, dan (3) data tentang kemampuan merakit motherboard. Data tentang kemampuan merakit  motherboard dan data kemampuan memahami petunjuk operasional berbahasa Inggris dalam motherboard diperoleh dengan tes, sedangkan data tentang keseringan berlatih diperoleh dengan kuesioner.

Hasil uji lanjut, uji keberartian koefisien korelasi parsial, diketahui bahwa kemampuan memahami petunjuk operasional berbahasa Inggris dalam sistem motherboard mempunyai peranan yang signifikan terhadap kemampuan merakit motherboard. Hal itu terbukti dari hasil uji lanjut bahwa t1=1,0041>tsig.5%=1,9816. Sebabnya ialah mahasiswa telah mempelajari buku/diktat mata kuliah mikroprosesor berbahasa Indonesia tentang motherboard serta tetap memperhatikan petunjuk merakit motherboard yang berbahasa Inggris, mereka bisa merakitkannya. Sebaliknya keseringan berlatih tidak memberikan peranan signifikan terhadap kemampuan merakit motherboard. Hal ini terbukti dari hasil uji lanjut bahwa t2=3,2044<tsig.5%=1,9816. Ini berarti bahwa semakin tidak banyak berlatih, semakin tidak terampil merakit Motherboard dan kurang memahami petunjuk berbahasa Inggris yang ada dalam motherboard.

 

 

Kata kunci: Peranan, Pemahaman, Berlatih, Kemampuan, Motherboard


Keywords


Peranan, Pemahaman, Berlatih, Kemampuan, Motherboard

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, ”Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Dimyati dan Mudjiono, “Belajar dan Pembelajaran”, Jakarta: Rineka Ciptra,2000..

Gondodiyoto, Sanyoto, “Pengantar Komputer dan Komputerisasi”, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2000.

Hasan, Iqbal, “Analisis Data Penelitian Dengan Statistik”, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Kusmantoro, A, Indriati, T, Ristanto, S, Soft Starter Induction Motor Three Phase With Fuzzy Logic Controller Inside Delta,Vol.12, No.19, 2017, pp.8388-8345.

Langan, John and Bill Broderick, “Ten Steps to Building College Reading Sklills”, Marlton New Jersey: Townsend Press, 2004.

Nasution, “Metode Research”, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Nasution, “Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar”, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Syahrul, “Organisasi dan Arsitektur Komputer”, Yogyakarta: Andi, 2010

Sugiarto, “Teknik Sampling”, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Sudjana, Nana, “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Sudjana, “Desain dan Analisis Eksperimen”, Bandung: Tarsito, 2000.

Sudjana, “Metoda Statistika”, Bandung: Tarsito, 2000.

Silverus, Suke, “Evaluasi Hasil Belajar”, Jakarta: PT. Grasindo, 2001.

Santosa, Singgih, “Mengatasi Berbagai Masalah

Statistik Dengan SPSS”, Jakarta: PT. Elex Media

Komputindo, 2005.

Sukamto, “Panduan Penelitian Eksperimen”, Yogya-

karta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta, 2005.

Sumanto, “Pembahasan Terpadu Statistika dan

Metodologi Riset Buku 2”, Yogyakarta: Andi, 2002.

Zaks, Rodnay dan Lesea, “Teknik Perantaraan Mikroprosesor”, Jakarta: Erlangga, 2000.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v2i1.9296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.















JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :

    


Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)