ANALISIS LITERASI DIGITAL PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS BESAR DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Sunan Baedowi, Ika Menarianti

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai melalui pada penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana literasi digital pada mata kuliah pendidikan agama islam  kelas besar di Universitas PGRI Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Subyek penelitian ini adalah 109 mahasiswa semester 2 yang sedang menempuh mata kuliah pendidikan agama islam. Instrumen yang digunakan adalah respon mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pendidikan agama islam.

Literasi digital pada mata kuliah pendidikan agama islam  kelas besar di Universitas PGRI Semarang berjalan dengan baik. Proses yang dilaksanakan telah sesuai dengan gerakan literasi sekolah dari tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran daring dengan menggunakan whatsapp. Pembelajaran daring yang dilaksanakan pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam berbantuan berbasis whatsapp dapat berjalan dengan baik dengan alur pembelajaran daring menurut Salmon. Kendala yang dialami dalam pembelajaran daring ini adalah ada beberapa mahasiswa yang lokasinya berada di daerah pedesaan yang susah sinyal sehingga kesulitan saat berinteraksi asinkronous.


Keywords


literasi, islam

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2018. Buletin APJII Maret 2018. Jakarta: APJII

Bawden, D. 2001. “Information and Digital Literacies: A Review of Concepts“in Journal of Documentation, 57(2), 218-259.

KEMENDIKBUD. 2017. Modul dan Pedoman Pelatihan Fasilitator Gerakan Literasi Nasional. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Mayes dan fowler. 2006. Learner, Learning Literacy and the Pedagogy of E-Learning”. Digital Literacies for Learning. London: Facet Publ. 2006.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Paul Gilster. 1997. Digital literacy. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Prajana. 2017. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Volume 1, Nomor 2, Oktober 2017, 122-133

Salmon, G. (2002). e-Tivities: the Key to Active Online Learning. London, UK: Kogan Page Ltd.

Sartika (2018). Kegunaan Whatsapp Sebagai Media Informasi dan Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Stisip Persada Bunda. Jurnal Medium Volume 6 Nomor 2 E-ISNN: 2615-1308

Techinasia. 2018. Fakta Perkembangan Yutube di Indonesia. https://id.techinasia.com/fakta-perkembangan-youtube-di-indonesia (diakses 5 Oktober 2019)

Tim GLN. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Wildan dan Miftahurrisqi. 2019. Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 31, No. 1, Juni 2019: 52-57




DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v1i2.7490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.















JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :

    


Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)