PENERAPAN MEDIA VISUAL ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SESORAH PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2019/2020

nida farra fauzia, Nuning Zaidah, Alfiah Alfiah

Abstract


ABSTRACT

This research is motivated by the lack of vocabulary known by students and the lack of learning media, that make the learning process becomes boring. The problem in this research is how the results of the application of visual media snakes and ladders in learning to write sesorah SMAN 1 Bantarbolang Pemalang Regency? the purpose of this study was to describe the application of snake ladder visual media in sesorah writing learning in class XI students of SMAN 1 Bantarbolang Pemalang Regency 2019/2020. This study used descriptive qualitative method. The results of the study based on test scores showed different percentages. Of the 34 students there were 2 students or 6% who did not complete and 32 students or 94% who had finished. The average grade of the results of the test is 82.41. This value has reached the school KKM value of 65. Thus, the visual media of snakes and ladders can be used for learning to write to a class XI student of SMAN 1 Bantarbolang Pemalang Regency in 2019/2020.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kosakata yang diketahui oleh siswa dan minimnya media pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi membosankan. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan media visual ular tangga dalam pembelajaran menulis sesorah SMAN 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang? tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media visual ular tangga dalam pembelajaran menulis sesorah pada siswa kelas XI SMAN 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan nilai tes menunjukan prosentase yang berbeda. Dari 34 siswa ada 2 siswa atau 6% yang tidak tuntas dan 32 siswa atau 94% yang sudah tuntas. Nilai rata-rata kelas hasil dari test adalah 82,41. Nilai tersebut sudah mencapai nilai KKM sekolah yaitu 65. Dengan demikian, media visual ular tangga dapat digunakan untuk pembelajaran menulis sesorah siswa kelas XI SMAN 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang tahun 2019/2020.


Keywords


Menulis, Media, Sesorah.

Full Text:

PDF

References


Anitah Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Agustini, Amilia Pramitadan Rudiana. 2016. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa”. Unesa Journal Of Chemical Education. 5 (2).

Arsyad Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Baiquni Imam. 2016. “Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika”. JKPM. 1(2).

Bahar, Putra. 2016. Seni Membawakan Pidato & Mc. Yogyakarta: Civita Books.

Budiman, Arif. 2012. Pidato-Pidato Resmi Perusahaan. Bandung: Pustaka Grafika.

Dalman. 2018. Ketrampilan Menulis. Depok: Raja Grafindo Persada.

Fanani, Burhan. 2013. Buku Pintar Menjadi Mc, Pidato, Penyiar Radio, dan Televisi. Yogyakarta: Araska

Fitriana siti, Alfiah. 2009. “Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Webbed (Jaring Laba-laba) dan Model Fragmented (Penggalan) Terhadap Hasil Belajar Unggah Ungguhing Bahasa Jawa Di Kelas Awal Sekolah Dasar”. FPBS. UPGRIS.

Husna. 2009. 100 Permainan Tradisional Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Junayah Yayah. 2016. “Penerapan Model Generatif Dalam Pembelajaran Menulis Sesorah Terhadap Ketrampilan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Comal Tahun 2016”. Skripsi. Semarang:FPBS UPGRIS.

Kunandar. 2014. Penelitian Autentik (Penelitian Hasil Belajar Mengajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nailussunah, Ayyuniswin. 2010. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII-A MTS Nurul Huda Kalanganyar Sidoarjo.” Skripsi. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UGM.

Purwahida Rahmah, Siti Ansoriyah. Menulis Populer. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rini Monica Gyta. 2018. “Penerapan Media Ular Tangga Dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri Purwodadi Tahun Ajar 2017/2018.”. Skripsi. Semarang: FPBS UPGRIS.

Rosdiana, Lilis Amaliah. 2017. “Pembelajaran Menulis Teks Pidato Dengan Media Latihan.”. Jurnal Kependidikan. XVII(2).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhasimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan. 2013. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wendra, I, Wayan, dkk. 2017. “Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Pidato Kelas X IPA 8 SMA Negeri 1 Kuta Utara”. E-jurnal Jurusan Pendidikan dan Sastra Indonesia Udiksha. 7(2).




DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v2i1.5500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya



JISABDA Indexed by:

     


Copyright of JISABDA 2715-7563 (media online) and 2715-6281 (media cetak)

Creative Commons License
JISABDA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya Stats