PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI DI KABUPATEN BATANG

Tri Ari Werdiningsih, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Soedjono Soedjono

Abstract


ABSTRAK

 

Werdiningsih, Tri Ari. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Batang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Ngurah Ayu Nyoman M., M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Soedjono, M.Si

 

Kinerja guru dapat diartikan sebagai guru yang dapat menjalankan tugasnya secara profesional, guru harus dapat mengelola proses pembelajaran dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan penelitian: 1) mengetahui pengaruh secara signifikan kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) mengetahui pengaruh secara signifikan kompetensi profesional terhadap kinerja guru, dan 3) mengetahui bersama secara signifikan pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kompetensi profesional secara bersama-sama terhadap kinerja guru.

Pendekatan penelitian eksplanatori. Jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian 259 guru dan sampel penelitian 157 guru. Pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data dengan analisis data diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi regresi linier sederhana dan berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Analisis regresi menunjukan bahwa kepemimpinan intruksional kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja gurudengan persamaan Ŷ=26,523+0,600X1 dengan pengaruh sebesar 54,1%, (2) analisis regresi menunjukan bahwa kompetensi profesional berpengaruh terhadap kinerja guru dengan persamaan Ŷ=10,581+0,919X2 dengan pengaruh sebesar 75,6%, (3) analisis regresi menunjukan bahwa kepemimpinan intruksional kepala sekolah dan kompetensi profesional berpengaruh terhadap kinerja guru dengan persamaan Ŷ=10,051+1,346X1+0,358X2 dengan pengaruh sebesar 78,4 %.

Simpulan penelitian ini adalah kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kompetensi profesional mempengaruhi kinerja guru sebesar 78,4%. Penulis menyarankan agar kepala sekolah melakukan pembinaan dan pengarahan, melakukan refleksi dan evaluasi, serta supervisi kepada guru untuk meningkatkan kinerja. Guru dapat mengikuti pelatihan dan seminar agar dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja guru.

 

Kata Kunci: Kinerja Guru, Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v11i2.12448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats