Analisis Akuntabilitas Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah
Diah Fitria Ningsih, Teguh Triwiyanto
Abstract
Kepala sekolah yang akuntabel adalah kepala sekolah yang melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Peningkatan mutu sekolah memerlukan pemimpin yang akuntabel. Apabila akuntabilitas kepala sekolah rendah, maka mutu sekolah akan buruk. Tujuan pembuatan artikel ini adalah untuk menganalisis akuntabilitas kepala sekolah dalam peningkatan mutu sekolah. pembuatan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui kegiatan observasi dan juga studi literatur. Hasil yang diperoleh yaitu (1) kepala sekolah yang akuntabel dapat meningkatkan mutu sekolah, (2) kepala sekolah yang akuntabilitas da transparansinya rendah dapat merusak kepercayaan masayrakat terhadap sekolah dan juga mutu sekolah. kesimpulnnya adalah untuk mencapai peningkatan mutu sekolah diperlukan kepala sekolah yang akuntabel dan profesional.