PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, MOTIVASI GURU DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

Amprih Anggraeni, Titik Haryati, I Made Sudana

Abstract


Latar belakang masalah adalah (1) mutu sekolah di wilayah Dikbud Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak masih rendah (2) pelaksanaan supervisi  akademik kepala sekolah belum maksimal, (3) motivasi kerja guru untuk mencapai tingkat prestasi kerja dan pengembangan diri cenderung rendah, (4) kinerja guru cenderung rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik kepala sekolah  terhadap mutu sekolah di sekolah dasar kecamatan Mranggen kabupaten Demak.,  (2) mengetahui besarnya pengaruh motivasi guru terhadap mutu sekolah di sekolah dasar kecamatan Mranggen kabupaten Demak,  3) mengetahui besarnya pengaruh kinerja guru terhadap mutu sekolah di sekolah dasar kecamatan Mranggen kabupaten Demak, 4) mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik kepala sekolah  dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap mutu sekolah di sekolah dasar kecamatan Mranggen kabupaten Demak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini guru SD di Kecamatan Mranggen dengan jumlah  537  orang, Sampel penelitian ini 230 guru, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Tehnik analisis penelitian ini adalah uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (normalitas, linieritas, multikolenieritas, heterokedastisitas) uji hipotesis..

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pengaruh yang signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap mutu sekolah  sebesar 14,8%  dengan dengan persamaan regresi  Y = 84.357+ 0, 460X1, hipotesis pertama terbukti. (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja guru terhadap mutu sekolah  sebesar 22,3% dengan dengan persamaan regresi Y = 68.810+ 0, 455 X2, hipotesis kedua terbukti. (3) terdapat pengaruh yang signifikan kinerja guru terhadap mutu sekolah  sebesar 22,3% dengan persamaan regresi Y = 68.810+ 0, 455 X3, hipotesis ketiga terbukti. (4) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap mutu sekolah  sebesar 28,2% dengan dengan persamaan regresi Y = 53.270 + 0, 195X1 + 0, 373X2.

Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa supervisi akademik, motivasi guru dan kinerja guru berpengaruh terhadap mutu sekolah. Hal ini berimplikasi bahwa supervisi akademik, motivasi guru dan kinerja guru harus ditingkatkan untuk meningkatkan mutu sekolah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v11i1.14071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats