PENGARUH PENGUASAAN TEKONOLOGI GURU DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI MA SWASTA SE-KABUPATEN BATANG
Akhmad Maskon, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Muhammad Prayito
Abstract
ABSTRAK :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penguasaan teknologi informasi terhadap mutu pembelajaran; (2) Pengaruh budaya sekolah terhadap mutu pembelajaran dan (3) Pengaruh penguasaan teknologi informasi dan budaya sekolah secara simultan terhadap mutu pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian desain ex-post facto yang dilaksanakan di MA Swasta se-kab Batang yang jumlah sampel sebanyak 171 guru. teknik pengumpulan data yaitu metode angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji normalitas, uji linieritas, dan uji homogenitas hasil penelitian yang mencakup analisi deskriptif dan regresi linear berganda.Hasil penelitian dari uji statistic t diperoleh nilai signifikan dari penguasaan teknologi informasi terhadap mutu pembelajaran adalah 0,000 artinya nilai tersebut lebih kecil dari 5 % sehingga penguasaan teknologi infiormasi guru berpengaruh terhadap mutu pembelajaran di MA Se-Kabupaten Batang, Sedangkan untuk budaya sekolah secara parsial juga berpengaruh terhadap mutu pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan uji statistic t yang memperoleh hasil 0,001, artinya lebih kecil dari 5%. Secara simultan penguasaan teknologi dan budaya sekolah juga berpengaruh terhadap mutu pembelajaran karen ahasil uji F diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000.
Kata Kunci: Penguasaan Teknologi Informasi, Budaya Sekolah, Mutu Pembelajaran