PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI MA SWASTA SE-KABUPATEN BATANG
Achmad Yusuf, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Muhammad Prayito
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap mutu pendidikan; (2) Pengaruh budaya sekolah terhadap mutu pendidikan dan (3) Pengaruh kinerja guru terhadap mutu penididkan (4) pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah, budaya sekolah dan kinerja guru secara simultan terhadap mutu pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian desain ex-post facto yang dilaksanakan di MA Swasta se-kab Batang yang jumlah sampel sebanyak 171 guru. teknik pengumpulan data yaitu metode angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji normalitas, , dan uji homogenitas hasil penelitian yang mencakup analisi deskriptif dan regresi linear berganda.
Hasil penelitian dari uji statistic t diperoleh nilai signifikan dari kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap mutu Pendidikan adalah 0,033 artinya nilai tersebut lebih kecil dari 5 % sehingga kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh terhadap mutu Pendidikan d di MA Se-Kabupaten Batang, Sedangkan untuk budaya sekolah secara parsial juga tidak berpengaruh terhadap mutu pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan uji statistic t yang memperoleh hasil 0,627, artinya lebih kecil dari 5%. Sedangkan untuk kinerja guru diperoleh hasil 0,022 artinya nilai tersebut lebih kecil dari 5 %. Sedangkan  Secara simultan penguasaan teknologi dan budaya sekolah juga berpengaruh terhadap mutu pembelajaran karen ahasil uji F diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000.
Â
Kata Kunci:Â Â Â Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan.